Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Harga Karet ‘Meroket’ Menolong Warga Tabalong dari Hantaman Resesi

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 126,946 kali

Harga karet yang stabil membuat petani karet mulai bergairah, namun banyak pohon karet yang sudah tua dan mestinya harus diremajakan kembali (dok, bebasbaru.com)

BêBASbaru.com, TABALONG – Ramalan resesi yang akan dimulai awal Bulan Oktober 2020 di Indonesia ternyata belum berdampak signifikan pada warga, khususnya warga Tabalong.

Dari pantauan BeBASbaru.com di lapangan, kini para petani karet mulai sumringah, setelah dalam dua minggu ini harga karet melesat naik sampai harga eceren tertinggi mencapai Rp8.200/kg (kini stabil diangka Rp7.700-Rp8.000 per kilogram, yang merupakan harga tertinggi sejak awal Januari 2020 lalu.

Menurut beberapa petani karet, naiknya harga karet ini diluar dugaan, sebab dengan masih merajalelanya pandemik korona, mereka tak menduga harga karet bisa terkerek naik. Padahal sebelumnya harga di tingkat petani di bawah Rp5.000/per kilogram sejak awal puasa Ramadhan 1441 H lalu. “Walaupun hasil panen masih belum begitu banyak getahnya, imbas dari gugur daun yang merupakan siklus tahunan.

Namun, dengan naiknya harga karet plus mulainya musim hujan, getah karet mulai banyak keluarnya dan tentu saja semangat lagi menyadap karet,” ungkap Aluh (55), petani karet asal Desa Tanta, Kecamatan Tanta, Tabalong. Menurut pengamat Sosial Politik Tabalong, H Masruddin, dengan membaiknya harga karet ini telah menolong warga Tabalong dari hantaman resesi ekonomi. “Suka tidak suka, 70% warga Tabalong tergantung dari harga karet.

Bila harga karet jatuh, maka inflasi di Tabalong tinggi, tapi bila harga karet bagus, maka ekonomi warga Tabalong terkerek naik,” ungkap pria yang di sapa MRD. MRD meminta agar Pemkab Tabalong dari sekarang mengadakan lagi bibit karet dan pupuk gratis untuk warga Tabalong seperti yang lalu-lalu. “Kini banyak pohon karet yang sudah mulai berumur di atas 20 tahun, sudah saatnya dilakukan peremajaan, peran Pemkab Tabalong saya harapkan bisa menolong para petani karet ini, yang saya tahu sejak 2014 lalu, sudah tidak ada lagi bantuan bibit karet gratis untuk petani karet,” kata MRD.

Karet Kalsel Tembus India, Kirim Perdana 200 Ton - Banjarmasin Post

Membaiknya harga karet ditopang oleh ekspor yang mulai meningkat ke luar negeri (dok, tribunnews.com)

 

Harga Karet Tocom Awal Pekan September Hingga Oktober 2020 Semakin Meningkat

Harga karet masih bergerak cukup tinggi mengawali perdagangan karet pekan ini yang terpantau di bursa   komoditas berjangka internasional  pada hari Senin (28/9/2020). Harga karet Tocom paling menunjukkan kenaikan yang sangat signifikan hingga naik ke posisi tertinggi 3 pekan, dibandingkan dengan karet Sicom yang moderat.

Sentimen kuat yang masih menopang perdagangan karet global dari laporan  Dewan eksportir karet internasional pekan lalu. Dewan  yang beranggota Thailand, Indonesia dan Malaysia (ITRC)  memperkirakan penurunan produksi karet alam untuk sisa tahun 2020, dan penurunan lebih lanjut hingga awal 2021.

Harga karet alami di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Januari 2021 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat  4,1 yen atau 2,18% ke posisi 192.5 yen per kg, tertinggi sejak 3 September. Sempat  bergerak kuat ke posisi 193,8 setelah dibuka pada  posisi 188,1.

Dukungan kuat bagi perdagangan karet Tocom awal sesi datang dari pergerakan lemah yen Jepang terhadap dolar AS, kemudian terkoreksi kembali oleh rebound yen dan juga penurunan harga minyak mentah. Lemahnya harga minyak dunia ini menjadi pembatas harga karet di Sicom dan juga SHFE.

Harga karet di  bursa Singapura – Sicom,  untuk kontrak yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Februari 2021 ditutup menguat   $0,1 atau 0,07% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 140,8. Untuk perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan Januari 2021 berada di posisi 12675 yuan, yang kuat 115 yuan atau 0,9% dari posisi sebelumnya.

Sumber: bebasbaru.com, vibiznews.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 236 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 95
  • Page views today : 106
  • Total visitors : 532,102
  • Total page view: 1,115,942