Connect with us
Update Now

Politik

Haji Denny Hari Ini Daftarkan Sengketa Pilgub Kalsel ke MK

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 406,378 kali

Haji Denny bersiap lagi untuk bersidang ke MK (dok, suara.com)

BệBASbaru.com, POLITIK – Rencana gugatan sengketa Pilgub Kalsel ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh paslon nomor 2, Denny Indrayana, dipastikan akan disampaikan Selasa (22/12/2020). Mantan Wamenkum HAM era Presiden SBY ini memilih hari terakhir batas pengajuan sengketa ke MK karena banyaknya bukti yang harus difinalisasi.

Hal tersebut ditegaskan Haji Denny—panggilan Denny Indrayana dalam keterangan yang disampaikan melalui video singkat yang beredar di media. “Kemarin siapkan draf permohonan gugatan sengketa hasil Pilgub Kalsel 2020. Paling lambat kita masukkan ke MK besok, karena menurut aturan tiga hari sejak penetapan KPU Provinsi,” terangnya.

Haji Denny mengatakan, pihaknya tidak akan mengambil langkah mundur menyikapi hasil penghitungan suara Pilgub Kalsel dengan angka selisih tipis dari petahana. Ia mengatakan, lamanya persiapan yang dilakukan karena berbagai bukti yang akan disampaikan.

“Insyaallah kita maju terus. Haram manyerah, wajah sampai kaputing (peribahasa Banjar yang artinya sebagai mana istilah maju terus pantang mundur, red). Ada yang bertanya kenapa sunyi? Tidak! Kita serius. Banyak bukti yang disiapkan. Karena butuh yang banyak ditulis, disusun, terkait indikasi kecurangan, pelanggaran, kejadian,” jelasnya.

Ia mengatakan, setelah pendaftaran gugatan pada Selasa (22/12/2020), selanjutnya aKan ada waktu perbaikan tiga hari, hingga sidang pada Februari, dan putusan pada pertengahan sampai akhir Maret 2021.

Haji Denny menegaskan, ia akan turun dalam sidang di MK dengan tim bintang. Mulai membawa mantan komisioner KPK Bambang Widjojanto, TM Lufi Aji, Iwan setiawan, yang sebelumnya masuk hukum Pilpres Prabowo-Sandi di MK, lalu ada mantan jubir KPK, Febri Diansyah, mantan ICW Donald Fariz, termasuk juga nama Heru Widodo, yang pernah jadi ahli di sidang MK.

“Demikian juga untuk tim ahli, kita sudah siapkan. Di antaranya ada pakar hukum tata negara. Pokoknya kita akan punya tim yang hebat. Saya berisi keyakinan dan harapan akan menang di gugatan MK, kita punya posisi hukum yang kuat dengan bukti hukum yang tak terbantahkan,” tegasnya.

Sejumlah kasus yang sebelumnya menjadi catatan di antaranya tentang tidak adanya suara paslon Denny-Difri di beberapa TPS. Dan juga di sejumlah daerah dengan bukti pelanggaran maupun adanya dugaan politik uang.

Sebelumnya, menanggapi langkah Haji Denny, Ketua KPU Sarmuji mempersilahkan untuk menyengketakan ke MK. “Jika ada yang tidak puas atau tidak terima, silakan paslon untuk menyengketakan. Terhitung dari hari ini , 3 X 24 Jam hari kerja, Jadi Sabtu Minggu tidak dihitung, tetapi Senin, Selasa-Rabu mungkin waktunya,” tuturnya.

Dijelaskannya jika ada calon menyengketakan ke MK, maka MK akan mengeluarkan buku register permohonan konstisusi, dan KPU Kalsel akan menunda penetapan Gubernur -Wakil Gubernur Kalsel sampai ketetapan MK.

“Jikapun tidak ada yang menggugat dan menyengketakan dijadwalkan 5 hari dari dari penetapan rekapitulasi suara, KPU Kalsel akan menetapkan Gubernur -Wakil Gubernur Kalsel yang terpilih” tuturnya.

Dalam kesiapannya sendiri kalaupun ada yang sengketa, Sarmuji mengatakan untuk melihat dulu apa bunyi gugatan yang diregister, dan menyiapkan bukti dalam jawaban dari KPU Kalsel. “Kita tunggu saja bunyi tanggapan pemohon terhadap termohon, nanti kita jawab,” tutupnya.

Sumber: kanalkalimantan.com dan berbagai sumber (dengan judul: Siapkan ‘Tim Bintang’, Haji Denny Besok Laporkan Sengketa Pilgub Kalsel ke MK)

Berita ini sudah dilihat 216 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 78
  • Page views today : 83
  • Total visitors : 553,409
  • Total page view: 1,139,814