Connect with us
Update Now

Banjar

Haji 2021 Belum Pasti Berangkat, Kemenag Banjar Tetap Gelar Manasik

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 421,576 kali

Kantor Agama Kabupaten Banjar tetap gelar manasik haji, dengan harapan bisa berangkat haji tahun depan (dok, redaksi 8)

BêBASbaru.com, BANJAR – Persiapan mengantisipasi kemungkinan keberangkatan calon jemaah haji pada 2021, Kemenag Banjar akan membuka kegiatan manasik haji secara bertahap.

Sebagaimana diketahuim Pemerintahan Arab Saudi kembali membuka pelaksanaan ibadah haji secara terbatas sementara ini hanya 10 ribu jemaah.

Seluruh jemaah wajib menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar H Najwan Noor mengatakan, calon jemaah haji (CJH) tahun 2020 yang gagal berangkat ke tanah suci kemungkinan dapat berangkat jika pandemi ini berakhir tahun 2021.

“Sementara ini regulasinya menjelaskan bahwa calon jemaah haji yang tertunda berangkat tahun ini akan diberangkatkan tahun 2021. Tapi hingga saat ini belum ada informasi terkait jumlah apakah ditambah atau seperti apa,” ujarnya, Sabtu (03/10/2020)

H Najwan Noor mengatakan untuk calon jemaah haji dari Kabupaten Banjar sejauh ini sudah melakukan pelunasan biaya ibadah haji dan tinggal menjalankan latihan manasik haji. “Tapi akibat pandemi covid-19 dinyatakan keberangkatannya ditunda,” imbuhnya.

“Akibat penundaan tersebut membuat anggaran untuk pelatihan manasik haji juga ditarik. Padahal seluruh calon jemaah haji sudah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) dan pemeriksaan kesehatan, tinggal menunggu kegiatan manasik haji. Semoga pada tahun 2021 semuanya sudah aman sehingga dapat berjalan sesuai rencana,” jelasnya.

Ia juga menambahkan jika ada calon jemaah haji ingin membatalkan keberangkatnya tahun ini dapat menarik kembali setoran BPIH, namun kursi untuk berangkat ke tanah suci menjadi hangus.

“Meskipun demikian seluruh calon jamaah haji di Kabupaten Banjar lebih memilih bertahan dan menerima keberangkatannya ditunda. Tidak ada yang menarik Biaya Perjalanan Ibadah Haji yang sudah dilunasi sebelumnya,” ungkapnya.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Banjar, H Rimazullah menambahkan, pada tahun depan pihaknya akan memulai lagi tahapan latihan manasik haji.

“Dalam waktu dekat kita akan memulai latihan manasik bagi calon jamaah haji yang pemberangkatannya tahun ini dibatalkan. Sebelumnya kita belum sempat melaksanakan itu. Sementara itu untuk pendistribusian buku panduan ibadah haji untuk calon jamaah haji tetap dilaksnaakan.

  1. Rimazullah menambahkan pihaknya sempat berencana untuk melaksanakan latihan manasik haji secara virtual, namun hal tersebut dibatalkan mengingat kondisi calon jamaah haji asal Kabupaten Banjar yang beragam.

“Karena itu kita merencanakan pelatihan manasik haji secara bergelombang, misalnya berjumlah 20-30 orang di setiap gelombang selama 3 hari. Tapi kami masih mendiskusikan hal ini dengan Gugus Tugas Kabupaten,” Tutupnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Kemenag Banjar Gelar Manasik Haji Secara Bertahap, Persiapan Kemungkinan CJH Berangkat pada 2021)

Berita ini sudah dilihat 459 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA