Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Gunakan Batang Nyiur, Jembatan di Banjang HSU Tak Tersentuh Perbaikan Bertahun-tahun

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 410,854 kali

Jembatan di Bajang, HSU ini sudah bertahun-tahun kondisinya memprihatinkan (dok, Bpost)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA –  Makin terbukanya akses jalan dan jembatan, secara langsung berimbas ke perekonomian warga, sehingga kalau ada yang rusak, otomatis ekonomi pun ikutan terganggu. Salah satunya jembatan di Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) saat ini kondisinya memprihatinkan.

Jembatan kayu ini sudah beberapa kali diperbaiki sementara oleh warga. Perbaikan jembatan tersebut, saat ini masih menggunakan batang pohon kelapa yang dijejer dan diikat menggunakan besi untuk menahan agar jembatan masih bisa dilalui.

Jembatan yang letaknya tak jauh dari Kantor Kecamatan Banjang ini merupakan jalan Provinsi Kalimantan Selatan yang untuk perbaikannya memang harus menunggu dari Pememrintah Provinsi.

Eni salahsatu warga mengaku saat melewati jembatan tersebut harus sangat berhati hati terlebih saat musim penghujan. Terlebih jika ada kendaraan yang bannya kotor membuat jembatan akan ikut kotor dengan tanah dan menambah licin.

Jika menggunakan kendaraan roda dua, lebih memilih melewati dibagian pinggir jembatan berupa papan. Jika memilih bagian tengah yang diganti dengan batang pohon kelapa akan lebih licin lagi.

“Karena dibagian pinggir jembatan tidak bisa dilalui dua sepeda motor maka jika ada kendaraan dari arahberlawanan harus memiliih bagian jembatan dibagian tengah,” ujarnya. Karena batang kelapa berbentuk bulat maka sulit dilalui kecuali bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan roda empat.

Justru harus melewati batang pohon tersebut agar bisa melintas. Padahal jembatan tersebut merupakan jalan utama bagi warga Desa Banjang dan desa sekitar, letaknya juga tak jauh dari Kantor Kecamatan Banjang.

Terpisah, Camat Banjang Syarwani mengatakan piahknya telah menyampaikan permohonan perbaikan jembatan berkali kali. Beberapa pihak dari Provinsi juga telah melakukan peninjauan beberapa tahun terakhir namun sayangnya hingga kini masih belum ada kejelasan kapan jembatan ini bisa diperbaiki.

Warga sudah sangat membutuhkan perbaikan jembatan, karena usia jembatan yang sudah tua dan kondisinya sangat memprihatinkan. Syarwani menambahakan jembatan beberapa kali dilakukan perbaikan sementara oleh warga sekitar agar masih bisa dilintasi.

“Jembatan ini merupakan jalan utama menuju pusat kecamatan Banjang, saat ini akses jalan menuju Desa Pawalutan juga telah diperbaiki sehingga jika ingin menuju ke desa tersebut bisa lebih mudah tanpa harus berputar melewati Kabupaten Balangan,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Berstatus Jalan Provinsi, Perbaikan Jembatan di Kecamatan Banjang HSU Gunakan Batang Kelapa)

Berita ini sudah dilihat 287 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 95
  • Page views today : 110
  • Total visitors : 553,537
  • Total page view: 1,139,970