Connect with us
Update Now

Sains dan IT

Gara-gara Google Down ‘Dunia Maya’ Terimbas Serius!

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 428,911 kali

Mesin pencari terbesar di dunia maya, google, sempat down dan sampai kini belum begitu normal (dok, lampung post)

BệBASbaru.com, TEKHNOLOGY – Sebagian besar layanan Google down, dari Gmail, YouTube, Google Drive, mengalami pemadaman massal yang berlangsung lebih dari satu jam pada Senin (14/12/2020).

Masalah ini dialami di seluruh dunia, pengguna mengeluh bahwa mereka tidak dapat mengakses email atau keluar dari sesi Google Meet yang sedang berlangsung.

Sementara Google klaim telah memulihkan semua layanan dalam waktu satu jam setelah pemadaman. Pada saat itu, Google dan YouTube Down sempat menjadi trending di berbagai media sosial. Seorang juru bicara Google mengaitkan pemadaman “sekitar 45 menit” dengan “masalah kuota penyimpanan internal”.

“Layanan yang mengharuskan pengguna untuk masuk mengalami tingkat kesalahan yang tinggi selama periode ini. Semua layanan sekarang telah dipulihkan. Pihak Google meminta maaf kepada semua orang yang terkena dampak dan menjanjikan tinjauan tindak lanjut yang menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang di masa mendatang,” ujar pernyataan Google dilansir laman Indianexpress, Selasa (15/12/2020).

Google pertama kali mengetahui bahwa ada masalah terkait Gmail, dan untuk beberapa waktu, halaman status menunjukkan warna merah untuk sebagian besar layanan.

“Kami menyadari masalah dengan Gmail yang memengaruhi sebagian besar pengguna. Pengguna yang terpengaruh tidak dapat mengakses Gmail. Kami akan memberikan pembaruan sebelum 12/14/20, 17:42 yang merinci kapan kami berharap untuk menyelesaikan masalah. Harap diperhatikan bahwa waktu penyelesaian ini adalah perkiraan dan dapat berubah,” kata pembaruan di dasbor Status Ruang Kerja Google, yang diposting pada pukul 5.25 sore IST.

Pada pukul 6.22 siang, Google telah memperbarui bahwa masalah dengan Gmail harus diselesaikan untuk sebagian besar pengguna yang terpengaruh. Saat itu sebagian besar layanan Google lainnya juga kembali online.

Awalnya dikatakan, keandalan sistem adalah prioritas utama di Google, dan pihak Google terus melakukan perbaikan untuk membuat sistem lebih baik. Ini sangat penting, karena di seluruh dunia, bisnis dan layanan penting lainnya menggunakan produk Google gratis dan berbayar karena sejumlah alasan.

Pemadaman satu jam di tengah hari kerja tidak akan turun dengan baik, terutama dengan pengguna berbayar. Dengan skala layanan dan jangkauan Google, hanya Gmail dan YouTube yang memiliki lebih dari 3,5 miliar pengguna global, kini semakin jarang terjadi pemadaman yang memengaruhi semua layanan dan pengguna.

Ini karena pengguna, bahkan dari satu geografi, dihosting melalui beberapa server di seluruh dunia. Dan bahkan di server ini, ada cadangan yang diaktifkan dengan cepat jika terjadi kesalahan. Namun, pemadaman hari Senin tidak benar-benar terlokalisasi dan termasuk di antara yang lebih besar yang dialami belakangan ini.

Sumber: suara.com dan berbagai sumber (dengan judul: Google Down, Ini Penjelasan dan Dampaknya)

Berita ini sudah dilihat 205 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA