Connect with us
Update Now

Headline

FPI Tak Masalah Izin Tak Diperpanjang Mendagri, Karena Selama Ini Tak Pernah Ngemis ‘Duit Hibah’ Pemerintah

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,235 kali

Munawarman katakan FPI sudah ajukan izin perpanjangan ke Kemendagri tapi izin tak diterbitkan sampai kini, tapi pihaknya ngaku tak masalah, karena tak pernah minta dana bantuan ke pemerintah (dok, CNN Indonesia)

BêBASbaru.com, INVESTIGASI –  Berbagai pro dan kontra pun mewarnai keberadaan Front Pembela Islam (FPI). Terkait izin dari pekumpulan yang dianggap sangat ‘garang dan ber oposisi’ dengan rezim pemerintah saat ini.

 

Analis Hukum Tata Negara dari HICON Law & Policy Strategies, Hifdzil Alim mengatakan FPI sudah melanggar hukum karena tidak memiliki SKT atau berbadan hukum. Masalah SKT dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri, sementara badan hukum diterbitkan Kementerian Hukum dan HAM.

“Kalau dua-duanya enggak punya selama ini itu apa? Itu sudah melanggar hukum dari awal. Segala tindakannya sudah melanggar hukum. Artinya selama ini cuma gerombolan,” kata Hifdzil kepada CNNIndonesia.com.

Menurut Hifdzil, FPI yang saat ini tak memiliki SKT dan tak terdaftar sebagai badan hukum maka tindakan yang dilakukan oleh anggota maupun pengurusnya tak bisa dijerat melalui UU Ormas. Mereka, kata Hifdzil, bisa dijerat melalui Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

“Sehingga kemudian ketika tidak ada SKT atau badan hukum tidak tercatat berarti tanggung jawab terhadap pernyataan seseorang itu tidak bisa dihubungkan dengan ormasnya. Karena ormasnya tidak ada. Jadi tanggung jawabnya pidana pribadi,” ujarnya.

Untuk diketahui, FPI tak memperpanjang SKT. Sekretaris Umum DPP FPI Munarman mengatakan bahwa Ormas tidak wajib mendaftarkan diri ke Kemendagri untuk mendapat SKT. “Tidak ada kewajiban mendaftar juga kok,” kata Munarman melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Sabtu 21 Desember 2019.

Munarman menjelaskan bahwa FPI telah memenuhi persyaratan yang diminta Kemendagri guna memperoleh perpanjangan SKT sebagai ormas. Namun, hingga kini SKT FPI belum diperpanjang oleh Kemendagri. Munarman mengatakan pihaknya sudah tidak peduli. Ia menyerahkan kepada pemerintah apakah mau atau tak memperpanjang masa berlaku SKT FPI sebagai ormas.

Sementara Ketua Umum FPI Shabri Lubis mengatakan pihaknya sudah tidak membutuhkan perpanjangan SKT sebagai ormas. Menurutnya, FPI selama ini tidak pernah meminta bantuan dari pemerintah, sehingga SKT tersebut tidak diperlukan.

“FPI tidak perlu memperpanjang rekomendasi (SKT). Bahkan males memperpanjang rekomendasi. Toh, tidak berguna,” kata Shabri di Jakarta, Jumat 20 Desember 2019. Hingga hari ini, SKT FPI sebagai ormas belum kunjung diperpanjang Kemendagri. Padahal, FPI sudah memenuhi sejumlah persyaratan.

SKT FPI sendiri telah habis masa berlakunya sejak 20 Juni 2019. FPI lalu mengajukan perpanjangan SKT. Akan tetapi, berkas dikembalikan oleh Kemendagri lantaran ada syarat yang belum dipenuhi. FPI kemudian berupaya memenuhi syarat yang ditetapkan. FPI sudah mendapat rekomendasi dari Kementerian Agama. FPI juga sudah tanda tangan di atas meterai bakal setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

Akan tetapi, hingga kini Kemendagri masih belum memperpanjang masa berlaku SKT FPI sebagai ormas. Mendagri Tito Karnavian justru melempar urusan tersebut kepada Menko Polhukam Mahfud MD. FPI tidak akan mendapat bantuan dana dari pemerintah jika SKT sebagai ormas habis masa berlakunya. Selain itu, mantan Dirjen Polpum Kemendagri Soedarmo juga menyebut FPI hanya perkumpulan jika tak memiliki SKT yang masih berlaku.

Sumber: CNNIndoensia.com dan berbagai sumber (dengan judul: ‘Salah Alamat’ TNI Ancam Bubarkan FPI)

Berita ini sudah dilihat 164 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 121
  • Page views today : 156
  • Total visitors : 547,596
  • Total page view: 1,133,023