Connect with us
Update Now

Politik

Elektabilitas Ibnu Sina-Ariffin Noor Ungguli Calon Lain, Ananda-Musyafa Menguntit

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,097 kali

Pasangan Ibnu Sina-Arifin Noor berdasarkan hasil survey tertinggi dibandingkan 3 paslon lainnya (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, POLITIK –  Walaupun hasil survey tidak menentukan, namun bisa jadi motivasi bagi semua paslon. Saat ini elektabilitas pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Walikota Banjarmasin nomor urut 2 Ibnu Sina-Arifin Noor rupanya masih unggul dibandingkan dengan paslon lainnya di Pilkada Banjarmasin 2020.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Pusat Studio Politik dan Kebijakan Publik (LSP2KP) Banjarmasin yang melakukan penelitian sekitar dua pekan, paslon berlabel petahana ini menduduki urutan pertama dengan perolehan 46,6 persen.

Setelah paslon Ibnu-Arifin, urutan kedua ditempati paslon Ananda-Musaffa Zakir dengan perolehan 20,2 persen. Selanjutnya paslon Khairul Saleh-Habib M Ali dengan perolehan 4,2 persen dan terakhir Haris Makkie-Ilham Noor 3,6 persen.

Sementara sisanya yakni sebanyak 25,4 persen pemilih yang masih merahasiakan dan tidak memilih. Penasehat LSP2KP Banjarmasin, Prof M Uhaib As’ad mengatakan bahwa kegiatan survei tersebut dilakukan secara objektif dan tidak terafiliasi dengan paslon tertentu.

Pria yang sudah puluhan tahun melang melintang di dunia survei elektabilitas ini pun menegaskan tim di lapangan yang dikerahkan terdiri dari 15 orang yang merupakan mahasiswa di Banjarmasin.  “Pada intinya hasil survei ini dapat dipertanggungjawabkan. Survey berdasarkan pendataan sesuai kebenaran dan objektivitas penelitian,” ujarnya saat jumpa pers di salah satu cafe di Banjarmasin, hari ini Kamis (19/11/2020).

Dosen Uniska ini juga menyatakan alasan mengapa Ibnu Sina-Arifin paling eksis dalam survey karena berbagai faktor, salah satunya diuntungkan dengan statusnya sebagai incumbent atau petahana.

Sementara itu Manajer LSP2KP Banjarmasin, Didi Achmadi Banjarmasin, menyatakan, survey ini diambil dari 500 sampel yang dilakukan selama dua pekan.

Kategori yang diambil sampel mulai dari gender, agama, usia, pendidikan dan pekerjaan. Menurutnya, kedudukan tertinggi yang diraih oleh paslon dengan nomor urut 2 ini bisa disebut mendekati posisi kategori matahari tunggal. Pasalnya, nilai persentasenya hanya kurang dari lima persen dari 50 persen.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Survei LSP2KP di Pilkada Banjarmasin 2020, Elektabilitas Ibnu Sina-Ariffin Noor Teratas)

Berita ini sudah dilihat 125 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 115
  • Page views today : 150
  • Total visitors : 547,590
  • Total page view: 1,133,017