Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Eceng Gondok Ternyata Bisa di Bikin Kerajinan Kursi di HSU

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 432,820 kali

Eceng gondok, tanaman gulma yang dianggap sampah, ternyata bisa jadi kursi dengan kualitas bagus dan di jual jutaan (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Kerajinan asal Kabupaten Huu Sungai Utara (HSU) bukan hanya barang yang berukuran kecil seperti tas dan tempat tisu. Namun juga berupa kursi yang terbuat dari eceng gondok.

Eceng gondok merupakan tanaman air yang mudah sekali didapat di HSU mengingat sebagian besar daerahnya merupakan daerah rawa.

Tanaman air yang biasa dikenal sebagai hama ditangan pengrajin asal HSU bisa disulap menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Supianur pemilik galeri kembang Ilung di Desa Banyu Hirang Kecamatan Amuntai Selatan mengatakan untuk pembuatan kursi dari eceng gondok sudah mulai banyak peminatnya.

Meski demikian saat ini pembelian masih sesuai dengan pemesanan. Supianur mengatakan cara pembuatan kursi dari eceng gondok ini memerlukan ketelitian dan ketekunan agar mendapatkan hasil yang rapi.

Sebelumnya dibuat kerangka kursi dari kayu yang kemudian ditutup dengan tali dari eceng gondok yang telah dikepang. Tali eceng gondok ini sudah melalui proses pengeringan dan penumbukan terlebih dahulu, eceng gondok dengan kualitas baik dalam artian tidak busuk yang digunakan.

“Dikeringkan sampai benar benar kering agar bisa lebih tahan lama dan tidak mudah rusak,” ujarnya. Eceng gondok yang telah kering kemudian disatukan dan dikepang memanjang. Untuk menutupi seluruh bagian kursi dibutuhkan sekitar 300 meter anyaman eeng gondok.

Dibagian sisi kursi dipertegas dengan anyaman rotan yang menambah keindahan dan menyempurnakan bentuk kursi. “Jika satu set kursi bisa membutuhkan sekitar 1300 meter anyaman eceng gondok, yang direkatkan pada kerangka kursi,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Bikin Kerajinan Kursi, Perajin di HSU Gunakan Anyaman Enceng Gondok Sepanjang 1300 Meter)

Berita ini sudah dilihat 227 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA