Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Dodolnya Enak Namun Kemasannya Tak Menarik, Perajin Minta Bantuan Pemkab HSS

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 253,727 kali

Dodol Kandangan yang bungkusnya masih sederhana, padahal rasanya gurih dan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu (dok, shope)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Desa Telaga Bidadari, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan, merupakan salah satu sentra produk aneka makanan olahan.  Termasuk makanan olahan jenis dodol.

Para perajinpun berupaya tetap eksis di tengah pandemi covid-19, meski saat ini diakui perajin terjadi penurunan permintaan pasar.

Rusimah, mewakili perajin produk makanan olahan di Telaga Bidadari mengungkapkan, untuk pemasaran, sebagian besar sudah memanfaatkan sosial media. Hanya saja mereka mengalami kendala dalam hal pengemasan produk karena belum memiliki alat seperti mesin press.

Para pelaku usaha kecil menengah yang membuat aneka manakan untuk dipasarkan ke luar daerah berharap ada bantuan alat tersebut dari Pemkab HSS.

“JIka ada bantuan alat pengemasan itu nanti bisa digunakan bersama semua perajin, yang ditaruh di rumah produksi pengemasan,”kata pemilik usaha dodol kasirat merek Raisya tersebut saat diberi kesempatan berdialog dengan Kepala Disnakerkop-IKM HSS Hendro Martono, pada kegiatan pembinaan pengembangan produk UKM Jumat (13/11/2020) di Kantor DPRD HSS.

Rusimah pun menambahkan, sebagian besar perajin sudah memasarkan produknya melalui medsos pribadi. Hanya saja, pengemasan produknya masih kurang bagus dan belum standar. Selama ini, perajin membuat sendiri. Sedangkan jika memesan ke luar daerah akan menambah biaya produksi.

Menanggapi hal itu, Hendro Martono menyatakan, Pemkab HSS berkomitmen membantu UKM HSS agar terus eksis dan bisa berkembang hingga menjadi usaha mandiri yang mapan. “Soal fasilitas pengemasan, sudah saya catat, dan akan ditelusuri apa kendalanya sehingga yang pernah diprogramkan sebelumnya tidak bisa dilaksanakan. Sebenarnya alat press kita punya. Nanti kita lihat bagaimana agar rumah pengemasan ini bisa terealisasi,”kata Hendro.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Produknya Dikemas Biasa, Perajin Dodol Kandangan HSS Harapkan Bantuan Rumah Kemasan)

Berita ini sudah dilihat 168 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 3 
  • Visitors today : 87
  • Page views today : 110
  • Total visitors : 547,562
  • Total page view: 1,132,977