Connect with us
Update Now

Politik

DKPP: KPU Wajib Berikan Akses Seluas-luasnya Untuk Media Meliput Kegiatan Pilkada

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 424,097 kali

Jurnalis saat diberikan rompi khusus untuk meliput berita (dok, antaranews.com)

BêBASbaru.com, BANJARMASIN – Wartawan merupakan garda terdepan dalam hal informasi, sehingga semua pihak wajib memberikan akses seluas-luasnya untuk peliputan, walaupun saat ini protokol kesehatan memang menjadi bagian penting dan diintegrasikan dalam seluruh Tahapan Pilkada karena dilaksanakan di masa pandemi.

Namun, anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Didik Supriyanto, mengingatkan penyelenggara teknis pemilihan khususnya KPU untuk tetap bisa dengan baik mengakomodasi peran pers dan media dalam pelaksanaan setiap tahapan. Termasuk, debat publik paslon.

Pihak KPU termasuk di Provinsi Kalimantan Selatan, kata Didik, seharusnya bisa melakukan langkah-langkah penyesuaian untuk mengakomodasi aktivitas peliputan media saat debat dilaksanakan sambil tetap bisa menerapkan protokol kesehatan.

“Diatur saja. Kalau ketentuan KPU aktivitas kampanye maksimal 50 orang dalam ruangan, ya batas maksimal itu digunakan. Tentu ada masalah juga media itu banyak, tapikan bisa saja diatur per sesi. Misalnya dibagi masing-masing 5,” kata Didik.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan Ngobrol Etika Penyelenggara Pemilu dengan Media (Ngetren Media), bertema Peran Media Dalam Penegakan Kode Etik Penyelenggara Pemilu Pada Pilkada Serentak Tahun 2020 yang digelar DKPP RI di Hotel Best Western, Jalan A Yani, Banjarmasin, Senin (23/11/2020).

Ditambahkannya, media juga pada prinsipnya bekerja melakukan peliputan agar informasi yang komperhensif dapat diketahui oleh masyarakat luas. Melalui perannya itu, kata Didik, media sebenarnya membantu penyelenggaraan pemilihan sekaligus menyukseskannya.

“Karena itu, jika ada debat, sebisa mungkin diatur untuk ada kesempatan teman-teman media bisa melihat langsung peristiwa terjadi. Sebab kalau cuma live streaming saja, itu tidak cukup untuk mendapatkan pemahaman atas peristiwa itu,” terangnya. Selain Didik, DKPP RI juga menghadirkan dua narasumber lainnya, yaitu penggiat media sekaligus Pemimpin Redaksi Banjarmasin Post Group, Musyafi, dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Abdul Halim Barkatullah.

Dalam kesempatan ini, Musyafi juga menyoroti terkait persoalan akses peliputan media khususnya pada pelaksanaan debat publik pilkada serentak. Pasalnya, di Pilkada Kalsel Tahun 2020 diakuinya muncul beberapa pembatasan-pembatasan aktivitas peliputan pada momen debat publik karena terkait alasan penerapan protokol kesehatan.

“Secara umum di Kalsel mulai pemilu legislatif 2019 rasanya baik-baik saja. Hanya sedikit catatan terkait akses ke media atas nama protokol Covid-19. Jadi selama protokol Covid-19 ada dalam tata tertib yang diperlakukan ke media, sehingga beberapa hal tidak bisa direkam untuk dikabarkan secara baik oleh media,” kata Musyafi.

Menurutnya, diakomodiasinya aktivitas peliputan oleh media dalam setiap tahapan pelaksanaan pemilu seharusnya sudah dipahami oleh para penyelenggara pemilihan. Apalagi hal itu juga diatur dalam Peraturan DKPP RI Nomor 2 Tahun 2017 tentang Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu. Sedangkan Abdul Halim Barkatullah, mengatakan, penyelengara pemilihan harus bisa memanfaatkan seluruh elemen dalam sistem pemilu untuk bisa menjaga pemilihan berjalan baik.

Salah satu elemennya, kata Halim, adalah peran penting media yang menjaga dan mengawal demokrasi melalui cara meluruskan dan menekan pengaruh informasi-informasi hoaks yang juga marak di masa pilkada serentak. “Sistem elemen pemilu ada 5, yaitu aturan hukum, penyelenggara pemilu, kesadaran dan kepedulian masyarakat atas pentingnya pemilu, media dan teknologi. Harus bisa dimanfaatkan ke lima ini untuk bisa menjaga pilkada berjalan baik,” beber Halim.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Anggota DKPP RI Ingatkan KPU untuk Akomodasi Hak Media Liput Setiap Tahapan Pilkada)

Berita ini sudah dilihat 226 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA