Connect with us
Update Now

Balangan

Dinilai Belum Maksimal, BUMDes di Balangan Dikaji Ulang

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 457,943 kali

Kepala Balitbangda Kabupaten Balangan, Aidinnor (dok, Bpost)

BệBASbaru.com, BALANGAN – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah ( Balitbangda) Kabupaten Balangan kembali akan melakukan beberapa kajian atau penelitian. Hal itu sebagai bentuk kegiatan untuk menunjang proses pembangunan di kabupaten berjuluk Bumi Sanggam tersebut.

Sedikitnya, ada lima kajian baik pada bidang pembangunan,inovasi dan teknologi serta bidang Sosekpem. Kepala Balitbangda Kabupaten Balangan, Aidinnor menerangkan dari lima kajian yang akan dilaksanakan. Satu di antaranya ialah tentang keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dimana saat ini keberadaan BUMDes dinilai belum maksimal.

“Secara jumlah, BUMDes di Kabupaten Balangan memang terus bertambah. Namun perkembangan bisa dikatakan masih lambat,” ucap Aidinoor, Jumat (8/1/2020). Keberadaan BUMDes didorong untuk mengembangkan usaha yang belum ada di desa. Tentunya hal tersebut bertujuan agar BUMDes tidak menghilangkan pedagang kecil atau pengusaha lokal yang telah menjalankan bisnis serupa.

Melalui kajian yang akan dilakukan nanti sebut Aidinnor diharapkan mampu menghasilkan gambaran jelas kondisi BUMDesa saat ini.  Tentunya juga untuk memberikan solusi perbaikan atau peningkatan keberadaan BUMDes tersebut.

Lebih lanjut, Aidinoor menerangkan, BUMDes tidak harus selalu kegiatan yang menghasilkan produk. Melainkan bisa bergerak pada bidang jasa. Sehingga dapat membantu pemerintah untuk menggerakkan aset yang masih terbengkalai.

Terlepas dari itu, beberapa kajian yang akan dilakukan juga merujuk pada pemberdayaan SDM dan inovasi yang terus dikembangkan. Balitbangda Kabupaten Balangan rencananya akan melaksanakan sidang majelis pertimbangan dalam upaya menentukan arah dan kebijakan umum, memberikan pertimbangan dan dukungan dalam pelaksanaan kelitbangan.

Selain itu pihaknya juga akan melaksanakan kajian tentang fasilitasi pendektesian dini dan kasus antisipasi penyebaran wabah penyakit Covid-19. Kegiatan lainnya berupa kajian tentang peningkatan usaha bagi UMKM /IKM serta percepatan peningkatan perekonomian akibat dari Covid-19 dan kajian analiss kelayakan usaha BUMDes di Kabupaten Balangan.

Sementara pada bidang pembangunan,  inovasi dan teknologi,  di antaranya kajian potensi pengembangan usaha budidaya ikan sistem mina padi. Selain itu juga ada penelitian dan pengembangan bidang perhubungan.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Keberadaan BUMDes di Balangan Dikaji Ulang, Balitbangda Arahkan BUMDes Bergerak di Bidang Jasa)

Berita ini sudah dilihat 163 kali