Connect with us
Update Now

Balangan

Diganti PT Adaro Senilai Rp 6,6 M, Desa Wonorejo Balangan hanya Tinggal Sejarah!

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 255,286 kali

Desa Wonorejo yang dulunya subur kini hanya tinggal sejarah, gara-gara dijadikan lokasi tambang batubara (dok, pikiran rakyat)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Pertanggungjawaban pihak PT Adaro Indonesia terhadap penggunaan lahan Desa Wonorejo sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu. Khususnya tukar guling aset Pemdes telah dibangun lama. Begitu pula pembayaran untuk lahan milik warga.

Beberapa gedung sudah berdiri di Desa Sumber Rejeki yang menjadi lokasi lahan tukar guling. Baik tanah maupun berupa bangunan.

Land Management/ Government Relation Departement Head PT Adaro Indonesia, Rinaldo Kurniawan, menerangkan, aset Desa Wonorejo yang  telah dilakukan tukar menukar aset melewati tahap appraisal dengan nilai Rp 3, 1 miliar.

“Pada pergantian itu, kemudian perusahaan melakukan penggantian aset tersebut senilai Rp 6.6 miliar,” jelas Rinaldo, Minggu (27/9/2020).

Aset pengganti ucapnya telah diserahkan dan dicatatkan sebagai aset pemerintahan desa. Tak habis disitu, PT Adaro Indonesia juga sedang membantu proses pembuatan sertifikatnya.

Aset pengganti yang kini sudah dibangun berupa, gedung serba guna, gedung usaha tani, pendopo, bangunan TPA, gedung olahraga, dan gudang yang dibangun di Desa Sumber Rezeki, Balangan.

Sebagaimana diketahui, Desa Wonorejo merupakan desa yang dulunya dihuni oleh warga transmigrasi.

Sejumlah lahan mereka telah dijual kepada perusahaan tambang, yakni PT Adaro Indonesia. Terkahir, pembongkaran bangunan juga telah dilakukan pada awal-awal 2020 lalu.

Saat ini, Desa Wonorejo sudah tidak berpenghuni. Selain itu aktivitas tambang di sana pun juga sudah berjalan dan mulai meluas dibanding sebelumnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Penggantian Aset Desa Wonorejo Balangan oleh PT Adaro Senilai Rp 6,6 M,  Ini Rinciannya

Berita ini sudah dilihat 359 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 254
  • Page views today : 303
  • Total visitors : 547,729
  • Total page view: 1,133,170