Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Dianggap Sudah Aman, Wisata Air Terjun Haratai di Loksado HSS Kembali Dibuka Untuk Wisatawan

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,230 kali

Air terjun Haratai Loksado yang selalu dikunjungi wisatawan kini di buka kembali (dok, travel kompas)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Setelah enam bulan ditutup selama masa pandemic covid-19, objek wisata alam Air Terjun Haratai di Desa Haratai Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan kembali dibuka.

Dibukanya kembali salah satu wisata andalan di HSS itu setelah melalui kesepakatan tokoh dan masyarakat adat setempat.

Pengelola objek wisata Haratai, Sukran kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (19/10/2020) mengatakan, setelah dibuka sejak 30 September 2020 lalu, pengunjung pun mulai berdatangan.

Mereka adalah wisatawan dari berbagai daerah di Kalsel yang berwisata bamboo rafting, sekaligus mengunjungi air terjun Haratai. Mengenai denda adat, menurut Sukran, dengan adanya kesepatan para tokoh adat dan masyarakat adat, pengunjung umum sudah boleh masuk ke Desa Haratai.

“Jadi silakan saja bagi yang mau berkunjung ke air terjun Haratai, dengan tetap menaati protokol kesehatan. Pakai masker, tidak berkerumun dan saling menjaga jarak antarindividu,” kata Sukran.

Dijelaskan, saat ini kondisi air terjun cukup deras, karena musim kemaraunya tidak terlalu kering. Diinformasikan beberapa waktu lalu, masyarakat adat desa Haratai menutup desa mereka dari warga luar Kecamatan Loksado berkunjung ke Haratai, dengan alasan menghidari penularan covid-19.

Hal itu berdasarkan kesepakatan masyarakat dan tokoh adat. Otomatis objek wisata air terjun pun tak bia dikunjungi warga luar, karena mereka menerapkan denda adat Rp 1 juta, plus denda berupa besi seperti pisau atau senjata tajam lainnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Wisata Air Terjun Haratai di Loksado HSS Kembali Dibuka, Sanksi Adat Dicabut)

Berita ini sudah dilihat 224 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 120
  • Page views today : 155
  • Total visitors : 547,595
  • Total page view: 1,133,022