Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Dianggap Ilegal, Dua Alat Berat Lagi Keruk Batubara Diamankan Petugas Polsek Angsana

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 422,632 kali

Polisi Angsana Tanbu amankan alat berat yang sedang keruk batubara tanpa izin (dok, antaranews.com)

BệBASbaru.com, TANAH BUMBU – Diduga melakukan aktivitas penambangan tanpa izin (peti) dua alat berat yang beroperasi di sebuah lahan di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu diamankan jajaran Polsek Angsana, Senin ((28/12/2020) siang.

Alat berat  Ini kabarnya diamankan petugas saat berperasi di lahan PT Anzawara Satria di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Hingga berita ini diturunkan petugas kabarnya masih melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang melakukan penambangan.

Informasi terhimpun diiamankannya alat berat ini berawal adanya info bahwa ada aktifitas penambangan di wilayah perusahaan yakni PT Anzawara Satria. Mendapati informasi itu petugas pun turun  ke lapangan dan melakukan penyidikan.

Hingga terlihat ada aktivitas pengerjaan yang dilakukan alat berat tersebut dan petugas langsung melakukan penghentian penambangan dan mengamankan dua alat tersebut. Kapolres Tanah Bumbu AKBP Himawan Sutanto yang dikonfiirmasi, Selasa (29/12/2020) siang tentang  adanya penindakan terhadap pelaku dugaan melakukan penambangan ilegal via telepon mengiyakan .

“Ia mas , untuk detailnya ke Kasubag Humas ,” paparnya, Terpisah, Kasubag Humas  Polres Tanah Bumbu AKP  H I Made Rasa mengiyakan adanya penindakan yang dilakukan petugas Polsek Angsana pada Senin (28/11/2020) pukul 14.00 wita.

Adapun lokasi diamankan yakni di Desa  Desa Angsana RT 6  Kecamatan  Angsana Kabupaten  Tanah Bumbu. Pelapor dari  PT Anzawara Satria dan terlapor HA. Menurutnya barang bukti diamankan yakni  1 (satu) unit Doser Komatsu tipe D85SS dan 1 (satu) unit Exsavator merk Komatsu PC 200 warna kuning.

Ia menceritakan, kronologis penangkapan pada Senin (28/12/2020) sekitar pukul  14.00 wita tepatnya di area kuasa pertambangan (KP) PT Anzawara Satria yang berada di Desa Angsana RT 06 Kecamatan Angsana kabupaten tanah bumbu, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT.Anzawara Satria dengan dua rekannya  menemukan adanya  aktivitas pertambangan tanpa izin di area tersebut.

Setelah dilakukan  pengecekan dan ditanyakan, mereka mendapat informasi yang melakukan penambangan adalah atas perintah dari HA  dengan menggunakan alat dozer sebanyak 1 satu unit dan  1 unit Excavator warna kuning .

Kemudian setelah dilakukan  melakukan koordinasi dengan pihak Polsek Angsana dan ternyta benar bahwa di area KP PT Anzawara Satria tersebut ada aktivitas penambangan tanpa ijin. Oleh petugas  selanjutnya pihak Polsek Angsana mengamankan operator alat berat serta dimintai keterangan. “Penanganan perkaranya diserahkan ke Satreskrim Polres,” paparnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Diduga Lakukan Penambangan Ilegal,  Dua Alat Berat Ini Diamankan Petugas Polsek Angsana)

Berita ini sudah dilihat 99 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA