Connect with us
Update Now

Headline

Dagelan Politik Itu Bernama Pilpres! Kini Dua Seteru Jokowi Jadi Menteri

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 424,093 kali

Berakhir sudah dagelan politik itu, baru kali ini di dunia, mantan seteru bergabung di satu pemerintahan (dok, liputan6)

BệBASbaru.com, NASIONAL – Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menggandeng dua pesaingnya di Pemilihan Presiden 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan, sementara Sandiaga diberi tanggung jawab Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Jokowi pertama kali mengajak Prabowo untuk bergabung dalam jajaran menteri di kabinetnya. Penunjukan itu diumumkan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin di Tangga Istana Merdeka, Rabu (23/10/2019).

Kala itu, Sandiaga memastikan, dirinya akan berada di luar pemerintah dan tidak akan masuk dalam Kabinet Indonesia Maju. Dia khawatir tak bisa memberikan masukan yang objektif jika menjadi bagian dari pemerintah.

“Karena kalau sudah di dalam pemerintahan itu nanti dikhawatirkan semuanya, kan ‘asal bapak senang’. Ini yang harus kita sampaikan dalam spirit kebersamaan ini masukan-masukan ini harus kita sampaikan juga,” kata Sandiaga di kediamannya, Jalan Pulombangkeng, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. “Jadi, kalau itu kan (hak) prerogatif presiden, prerogatif presiden ya kita hormati, kita hargai,” ujarnya menjawab pertanyaan apakah menolak jika ditunjuk jadi menteri.

Namun, kini Sandiaga menerima tanggung jawab sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Kemudian yang kedua, kita sudah tahu bapak sandiaga salahuddin uno. Beliau adalah dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua Hipmi dan saat ini dia akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Jokowi di Istana Negara, Selasa (22/12).

Sementara itu, Juru Bicara Sandiaga, Kawendra Lukistian, menanggapi kabar tersebut. Menurutnya siapapun yang akan dipilih harus orang yang tepat. Kawendra tidak membenarkan maupun membantah kabar tersebut.

“Siapapun itu yang mengisi pos parekraf tentu harus orang yang tepat,” ujar Kawendra kepada wartawan, Selasa (22/12).

Wasekjen Gerindra ini bilang, siapapun yang diamanahkan mengisi kursi Menparekraf akan mendapat tantangan berat karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Ditambah tahun 2021 merupakan Tahun Internasional Ekonomi Kreatif Dunia telah ditetapkan yang diinisiasi Indonesia.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepemimpinan internasional Indonesia dalam mendorong pemajuan ekonomi kreatif di dunia internasional. Jadi ini tantangan juga untuk menyongsong hal tersebut di tengah pandemi,” kata Kawendra.

“Kita doakan yang terbaik untuk bangsa dan biarkan pak Presiden menggunakan hak prerogratifnya untuk memilih putra-putri terbaik negeri ini untuk menempati posisi yang tepat,” imbuhnya. Sementara itu, Kawendra memastikan, Sandiaga saat ini tengah berada di Jakarta.”Iya (sedang di Jakarta),” ucapnya.

Sumber: merdeka.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 321 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA