Connect with us
Update Now

Advetorial

CSR Adaro: Wujudkan Desa Mandiri Berwawasan Lingkungan

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 424,399 kali

Desa binaan PT Adaro di Kambitin Raya, Kabupaten Tabalong (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, ADVETORIAL – Salah satu desa binaan PT Adaro Indonesia adalah Desa Kambitin Raya yang terletak di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

Pembinaan yang dilakukan dikenal dengan sebutan Mbah ASRI yaitu Membangun Kampung Hijau Sehat & Lestari. Untuk mewujudkan Mbah ASRI tersebut, Adaro melakukan pembinaan untuk mendukung konservasi sumber air di desa Kambitin Raya agar dapat memastikan keberlanjutan ketersedian air bersih sehingga dapat terus dinikmati sampai generasi mendatang.

Sebelumnya, masyarakat desa Kambitin Raya mengalami kesulitan akses air bersih apalagi saat musim kemarau. Pembinaan yang dilakukan dikenal dengan sebutan Mbah ASRI yaitu Membangun Kampung

Hijau Sehat & Lestari.

Pemanfaatan air untuk perikanan dan peternakan juga berpotensi mempengaruhi ketersediaan air bersih masyarakat.

Melihat kondisi dan permasalahan tersebut, Adaro melalui PT.Adaro Indonesia bersama masyarakat desa melakukan konservasi air dengan membuat kolam resapan air, embung desa, sumur resapan, membuat sistem gravitasi untuk distribusi air bersih ke masyarakat desa serta pembentukan kelembagaan masyarakat untuk pengelolaan air bersih.

“PT Adaro Indonesia sangat peduli akan pemenuhan air bersih di desa-desa sekitar wilayah operasional karena merupakan kebutuhan yang utama” Ungkap Lalu Nofa Setiawan Putra, Supervisor Program CSR PT Adaro Indonesia.

Selain itu program Mbah ASRI ini juga mengajak masyarakat untuk melakukan pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan menanam pohon-pohon untuk penghijauan dan juga sayur-sayuran untuk ketahanan pangan keluarga.

Dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan Lestari, pengelolaan sampah rumah tangga juga menjadi fokus pembinaan Adaro.

Untuk itu Adaro melakukan Pembentukan Bank Sampah Desa dan Capacity Building pengelola Bank Sampah yang dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga. Dari sisi ekonomi, adaro juga melakukan pendampingan pada sektor perikanan hingga menjadi sentra perikanan air tawar di Tabalong dan menjadi destinasi wisata kuliner.

Dengan berbagai pendampingan yang telah dilakukan, program Mbah ASRI Desa Kambitin Raya telah memberikan dampak dan perubahan positif bagi masyarakat baik pada aspek lingkungan, ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Terdapat 767 KK mendapatkan kemudahan mengakses air bersih, terbentuk dan berjalannya Bank Sampah desa dan terlaksananya penghijauan serta peningkatan pendapatan masyarakat.

Selain itu, keberhasilan lainnya yang sangat berharga adalah perubahan prilaku masyarakat untuk lebih hidup sehat serta peningkatan kapasitas masyarakat baik dalam hal pengetahuan, keterampilan serta pengelolaan organisasi atau kelembagaan.

Pencapaian tersebut juga membawa prestasi bagi Desa Kambitin Raya, salah satunya penghargaan Proklim “utama” tingkat nasional dari KLHK tahun 2019 dan terpilih sebagai program unggulan proper PT Adaro Indonesia 2020.

“Segala pencapaian ini dapat terwujud berkat kerjasama dan kolaborasi dari seluruh pihak stakeholder, masyarakat desa Kambitin, mitra kerja PT PAMA, Dinas Lingkungan Hidup dan YAB,” tutur Lalu. Dengan pendampingan yang telah dilakukan dan segala pencapaian tersebut diharapkan Desa Kambitin Raya bisa menjadi desa yang mandiri.

“Adaro berkomitmen dalam program pasca tambang, dengan mewujudkan desa mandiri di sekitar wilayah operasional,” ungkap Lalu. Lebih lanjut Ia berharap keberhasilan Desa Kambitin Raya ini dapat direplikasi ke desa lainnya sehingga makin banyak desa mandiri, khususnya di sekitar wilayah operasional Adaro.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan  berbagai sumber (dengan judul: Adaro Wujudkan Desa Mandiri Berwawasan Lingkungan)

Berita ini sudah dilihat 193 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA