Connect with us
Update Now

Gaya Hidup

Cerita Gang-Gang Sempit di Ibu Kota Skotlandia

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,721 kali

Edinburgh merupakan ibukota Skotlandia. Kota yang dikenal sebagai ibu kota Skotlandia sejak abad ke-15 ini memiliki wilayah yang disebut Old Town. Kawasan ini adalah wilayah tertua dari Edinburgh, yang diperkirakan sudah berdiri sejak abad pertengahan.

Kendati begitu, sistem tata wilayah di Old Town Edinburgh dianggap sudah cukup modern. Sebuah jalan utama atau jalan arteri, yang melintang di tengah kota, dan terhubung dengan jalan di bagian utara dan selatan. Di Old Town Edinburgh, jalan utama ini kerap disebut Royal Mile.

Royal Mile terhubung dengan jalan-jalan kecil yang menuju ruang area terbuka dan pusat kota. Biasanya lebar jalan ini cukup untuk menampung dua mobil dan dibuka untuk umum. Namun, ada pula gang-gang kecil dan sempit yang terhubung secara langsung dengan Royal Mile, yang biasa disebut ”Closes”.

Closes ini biasanya mengarah ke kawasan pemukiman dan rumah petak. Pada malam hari, bagian ujung yang mengarah ke Closes ditutup dengan gerbang besi, dan hanya bisa bisa diakses oleh penghuni di kawasan pemukiman tersebut. Penamaan Closes-closes di Old Town Edinburgh ini biasanya mengikuti nama pemilik rumah atau pun nama tokoh terkenal yang pernah tinggal di kawasan pemukiman tersebut.

Seperti dilansir laman Amusing Planet, berikut Closes yang dianggap cukup populer di Old Town Edinburgh. Sejumlah Closes ini pun menjadi atraksi wisata dan daya tarik turis saat mengunjungi Old Town Edinburgh:

Mary King’s Close
Pada saat terjadi wabah pada pertengahan abad ke-17, Closes ini digunakan untuk menampung dan mengarantina orang-orang yang terkena wabah tersebut. Kabarnya, arwah penasaran dari para korban wabah tersebut masih menghantui sejumlah titik di Closes ini.

Brodie’s Close
Di close atau gang sempit ini pernah tinggal Deacon Brodie, seorang pengusaha dan bangsawan yang dihormati masyarakat Edinburgh pada saat itu. Namun, pada saat malam hari, Brodie merupakan pencuri dan perampok. Kehidupan ‘dua sisi’ Brodie ini menjadi inspirasi Robert Louis Stevenson dalam menulis cerita ”Dr Jekyll and Mr Hyde”.

Advocate Close
Gang sempit ini menjadi gang yang cukup populer sebagai atraksi wisata pada musim panas. Turis-turis di Edinburgh biasanya menyempatkan mengunjungi gang sempit ini, yang memiliki pemandangan indah ke arah Monumen Skotlandia dan gedung-gedung tinggi di pusat kota Edinburgh.

White Horse Close dan Dunbar Close
Dereta rumah yang terbuat dari bahan kapur berdiri di sisi kiri dan kanan sepanjang White Horse Close. Sementara Dunbar Close merupakan gang sempit yang mengarah ke sebuah kebun bunga dan taman yang dikelola oleh salah satu masyarakat Edinburgh. Dua closes ini menjadi tujuan turis untuk mengabadikan momen-momen liburan mereka di Edinburgh.

sumber: www.republika.co.id

Berita ini sudah dilihat 58 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 2 
  • Visitors today : 200
  • Page views today : 243
  • Total visitors : 547,675
  • Total page view: 1,133,110