Connect with us
Update Now

Barito Kuala

Buah Nanas Jelapat II Batola Miliki Buah yang Besar

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 411,270 kali

Armian perlihatkan nenas yang sudah dipanen di kebunnya (dok, Bpost)

BệBASbaru.com, BATOLA – Intens berkebun nanas sejak lima tahun silam, Armain, warga Desa Jelapat II, Kecamatan Mekarsari, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalsel mulai menikmati hasilnya.

Mulai dari satu baluran lahan yang dipanen sepanjang 150 meter, Armain bisa menghasilkan 5 hingga 7 juta rupiah dalam sekali panen.

Dari masa tanam hingga bisa dipanen, rata-rata memakan waktu satu tahun. Dengan perawatan kurang lebih dua kali pemupukan dan dijaga dari hama lainnya. Nanas yang ditanam Armain merupakan varietas lokal, atau lebih dikenal dengan Nanas Tamban.

Keunggulan nanas ini memiliki bentuk yang lumayan besar dengan kadar air yang tinggi, berdaging tebal dan sarat akan kandungan vitamin. Adapun untuk memasarkan hasil panennya, Armain biasanya menunggu permintaan sejumlah tengkulak yang sudah menjadi pelanggannya.

“Penjualan kita nunggu saja di rumah. Ketika tengkulak minta, maka kita petik,” Ucap Armain, Jumat, (25/12/2020). Sedangkan untuk memaksimalkan hasil panen, agar setiap permintaan selalu ada, Armain mengatur masa tanam nanas di Kebunnya.

Dengan patokan per balur atau bedengan dalam masa tanam sekali sebulan. Jadi dalam setiap bulannya dalam putaran satu tahun selalu ada yang siap panen. “Hal ini juga menjadi pengatur penjualan, permintaan tetap bisa terpenuhi, namun tidak menyebabkan banjir buah,” Tukasnya.

Antisipasi ini cukup beralasan agar harga tidak berpotensi anjlok dipasaran. Karena sangat merugikan petani nanas sendiri. Dalam berkebun nanas di Desa Jelapat II, Armain tidak sendiri. Masih banyak masyarakat lain yang juga memaksimalkan lahannya untuk menambah penghasilan dari Hortikultura ini. Bahkan hampir di sembilan desa yang ada di Kecamatan Mekarsari turut berkebun nanas.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Kalselpedia: Kebun Nanas Jelapat II Batola, Tanam Nanas Lokal Tamban Berbuah Besar)

Berita ini sudah dilihat 115 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung