Connect with us
Update Now

Kriminal

Bongkar Sindikat Narkoba Jenis Sabu 201 Kg, di Duga Jaringan Sabu Timur Tengah

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 407,503 kali

Polisi perlihatkan barbuk narkoba jenis sabu (dok, pikiran rakyat)

BệBASbaru.com, KRIMINAL – Polda Metro Jaya bersama Satgas Merah Putih Bareskrim Polri mengamankan ratusan paket narkoba jenis sabu dengan total berat 201Kg di sebuah hotel daerah Petamburan, Jakarta Barat.

“Jadi total ada 196 paket yang diperkirakan secara Bruto ini 201 Kg jenis sabu yang kalau dirupiahkan ini sekitar hampir Rp150 sampai Rp156 miliar ini,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (22/12) malam.

Yusri menyampaikan jika dari hasil pengungkapan sabu tersebut total pelaku yang diamankan total berjumlah 11 orang di antaranya 10 sudah diamankan ke Mapolda Metro Jaya, sementara 1 orang dibekuk saat penggerebakan di hotel tersebut.

Walau belum disebutkan secara detail terkait indentitas ke-11 pelaku, namun Yusri mengatakan bila seluruh pelaku telah diketahui perannya masing-masing dalam proses pengedaran sabu tersebut.

“Ya perannya masing-masing mulai dari menerima, mengantar, dan perannya semua ada masing-masing,” terangnya. Sementara, Yusri menyampaikan jika pihaknya masih akan melakukan pengembangan dari kasus ini guna mengungkap adakah pelaku maupun barang bukti narkoba lainya yang masih dimiliki oleh sindikat tersebut.

“Ini masih kita dalami semua karena ini baru, yang kami tahu bahwa (1 orang yang diamankan di TKP) ini adalah penerima terakhir. Apakah nanti masih ada diatasnya itu masih dilakukan pengembangan lagi,” ujarnya.

Diduga Jaringan Narkoba dari Timur Tengah

Lebih lanjut, Yusri menceritakan proses penggerebekan terjadi sekitar pukul 10.00 Wib yang mana petugas telah memantau satu pelaku dan berhasil diamankan bersama barang bukti 201Kg sabut di sebuah hotel kawasan Petamburan, Jakarta Barat.

“Sudah hampir seminggu kita memprofeling tim sudah selidiki selama seminggu dan berhasil menemukan memang akan masuk barang haram ini ke Indonesia,” kata Yusri.

“Ini memang jaringan international kita mengikuti dan berhasil kita amankan awalnya 10 orang. Jadi awalnya kita amankan 10 orang memang barang ini awalnya akan dikirim ke suatu tempat, dan ini tempatnya adalah di sini, di hotel ini,” lanjutnya.

Kemudian terhadap satu pelaku yang berhasil diamankan di lokasi, polisi masih melakukan pendalaman dan memeriksa barang bukti paket narkoba yang tampak terbungkus plastik coklat yang berbentuk kotak.

“Nah ini akan kita lakukan lagi pengembangan lagi apakah ini barang dia apakah memang ada yang memesan. Atau apakah masih ada barang haram lagi ini di tempat mereka atau memang ada yang lain,” ungkapnya.

Yusri menambahkan jika dari hasil pemeriksaan paket sabut tersebut memiliki kesamaan dengan paket narkoba dari sindikat Timur Tengah yang mana telah berhasil diungkap pada 31 Januari 2020 lalu.

“Kalau liat kodenya kita masih ingat tanggal 31 Januari lalu kita berhasil mengamankan di daerah Serpong berhasil menembak mati pelakunya saat itu di daerah Serpong pas keluar di tol dari arah Banten. Dari barang itu kode yang sama 55 ini adalah barang memang jaringan international dari Timur Tengah. Kenapa dikatakan sama karena kodenya sama seperti ini,” bebernya.

Sampai dengan saat ini, polisi telah berhasil mengamankan 11 orang pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka, termasuk 10 orang yang sudah ditahan di Polda Metro Jaya guna pemeriksaan lebih lanjut. “10 orang ditahan, langsung ditahan karena sudah jelas mereka pelakunya dan terus kita lakukan pengembangan lagi,” pungkasnya.

Sumber: merdeka.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 202 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 6
  • Page views today : 8
  • Total visitors : 553,448
  • Total page view: 1,139,868