Connect with us
Update Now

Selebritis

Bocah Kecil Ini Jadi Youtuber Berpenghasilan Terbesar di Dunia

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 424,450 kali

Ryan Kaji jadi milyuner muda berkat jadi youtuber (dok, IDN Times)
Daftar Youtuber Terkaya di Dunia 2020 dirilis Forbes. Adakah nama Youtuber Indonesia seperti Baim Wong, Deddy Corbuzier, Atta Halilintar, Ria Ricis dan Raffi Ahmad?

Ternyata, dari barisan 5 besar nama yang dirilis Forbes, tak ada nama youtuber Indonesia. Perkiraan pendapatan para YouTuber ini dihitung dalam kurun waktu setahun terahir.

Setidaknya metode penghitungannya dimulai pada 1 Juni 2019 hingga 1 Juni 2020. Estimasi pendapatan ini merupakan jumlah sebelum dipotong pajak dan biaya lainnya. Seperti di antaranya untuk membayar agen, manajer, hingga pengacara.

Daftar tahun ini tidak banyak berbeda dari tahun 2019. YouTuber cilik, Ryan Kaji, masih bertahan di posisi paling atas dengan penghasilan 29,5 juta dollar AS.

Atau jika rupiahkan sekitar Rp 418 miliar dari kanal YouTube-nya. Kemudian, ada nama baru Jimmy Donaldson atau yang lebih dikenal dengan Mr. Beast.

Dirinya diketahui langsung melejit ke peringkat kedua. Sementara nama YouTuber gaming PewDiePie yang tahun lalu masuk dalam 10 besar, kini harus absen dari daftar.

Sebab PewDiePie tengah rehat dari aktivitas di YouTube. Lantas, siapa saja YouTuber yang masuk ke dalam jajaran YouTuber terkaya versi Forbes kali ini?

Berikut adalah 5 nama YouTuber di antaranya seperti dilansir KompasTekno (23/12/2020).

1. Ryan Kaji

Ryan Kaji
Ryan Kaji (REPRO BIDIK LAYAR VIA YouTube)

Tahun ini, Ryan Kaji kembali menduduki peringkat pertama YouTuber terkaya 2020. Dengan estimasi pendapatan mencapai 29,5 juta dollar AS (Rp 418 miliar). Ryan atau yang sering disebut sebagai “child influencer” pertama kali membuat video pada Maret 2015.

Walaupun masih berusia 9 tahun, Ryan saat ini diketahui menjalankan sembilan saluran Youtube. Ryan’s World adalah yang paling populer dengan 41,7 juta pelanggan dan 12,2 miliar penayangan. Video Ryan yang paling populer, Huge Eggs Surprise Toys Challenge, telah ditonton lebih dari 2 miliar kali.

2. Mr. Beast (Jimmy Donaldson)

YouTuber Jimmy Donaldson
YouTuber Jimmy Donaldson (BusinessInsider)

Jimmy Donaldson atau yang lebih populer dengan nama Mr. Beast, menjadi bintang baru di jajaran YouTuber terkaya. Tahun ini, ia diperkirakan meraup pendapatan hingga 24 juta dollar AS (Rp 342,6 miliar).

Konten video yang dibuat Jimmy merupakan gabungan adegan aksi dan humor. Total penayangan dari saluran Youtube Mr. Beast ini sudah mencapai 3 miliar penayangan.

Dalam 12 bulan terakhir, pria yang memiliki 47,8 juta subscriber di kanal YouTube-nya itu melakukan beberapa aksi. Dimulai dari membekukan dirinya sendiri di dalam es, mengelilingi bianglala 1.000 kali. Dan membangun menara Lego terbesar yang pernah ada.

3. Dude Perfect

YouTuber Dude Perfect
YouTuber Dude Perfect (Variety)

Dude Perfect yang beranggotakan lima sekawan ini turun satu tingkat ke posisi ketiga. Pendapat mereka tahun ini diperkirakan sebesar 23 juta dollar AS (Rp 328,3 miliar).

Pendapatan saluran Dude Perfect mengalami kenaikan sebesar 3 juta dollar AS (Rp 42,8 miliar). Kanal Youtube Dude Perfect ini biasanya menyajikan video permainan olahraga.

Tak membosankan karena dilakukan dengan cara yang unik dan bernuansa komedi. Video-video mereka sudah ditonton hingga 2,77 miliar penayangan, menurut Forbes.

Kanal yang berisikan si kembar Cory dan Coby Cotton, dan sahabat mereka. Tak lain tak bukan adalah Garret Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney saat ini memiliki 57,5 juta pelanggan.

4. Rhett and Link

YouTuber Rhett and Link.
YouTuber Rhett and Link. (Today.com)

Rhett and Link merupakan nama dua komedian yang memandu kanal Youtube “Good Mythical Morning”. Rhett alias Rhett James McLaughlin dan Link alias Charles Lincoln III, masih bertahan di posisi keempat.

Dirinya memiliki pendapatan tertinggi yakni diperkirakan mencapai 20 juta dollar AS (Rp 285,5 miliar). Jumlah ini meningkat 2,5 juta dollar AS (Rp 35,6 miliar) dari 2019.

Kanal “Good Mythical Morning” yang menyajikan konten komedi ini memiliki sebanyak 41,8 juta pelanggan. Video mereka telah ditonton hingga 1,9 miliar penayangan. Saat ini, “Good Mythical Morning” memiliki basis penggemar yang kian berkembang.

Bahkan para penggemarnya rela membayar 10 hingga 20 dollar AS (Rp 142.700 – 285.500) per bulan untuk konten eksklusif.

5. Markiplier (Mark Fischbach)

YouTuber Mark Fischbach (Markiplier).
YouTuber Mark Fischbach (Markiplier). (YouTube Markiplier)

Pada 2020, kanal Markiplier, atau bernama lengkap Mark Edward Fischbach, berhasil naik beberapa peringkat. Ia banyak membuat konten gaming, komedi berbentuk sketsa hingga parodi dalam bentuk animasi.

Atas kontennya tersebut Markiplier meraup pendapatan sebesar 19,5 juta dollar AS (Rp 278,4 miliar). Pendapatan ini naik dua kali lipat dari pendapat mereka di tahun 2019 yang hanya mencapai sekitar Rp 182 miliar.

Video di kanal Markiplier saat ini sudah ditonton hingga 3,1 penayangan dan memiliki 27,8 juta pelanggan. Itulah tadi 5 YouTuber terkaya di dunia tahun 2020 versi Forbes.

 

Bandingkan dengan Youtuber Indonesia

Penghasilan youtuber terkenal diperkirakan mencapai jutaan rupiah per bulan. Bahkan, youtuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia mencapai miliaran rupiah. Tak heran, kini semakin banyak artis dan mantan pejabat yang menekuni profesi youtuber.

Merujuk data Social Blade, Kamis (1/10/2020), ada 5 youtuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia. Youtuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia adalah: Deddy Corbuzier, Ria Ricis, Baim Wong, Raffi Ahmad dan Atta Halilintar.

Deddy Corbuzier menyandang sebagai youtuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia dalam sebulan terakhir (September 2020). Deddy Corbuzier diperkirakan mengantongi penghasilan sebesar US$ 34 ribu-US$ 543,3 ribu dalam sebulan terakhir.

Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier (Instagram/mastercorbuzier)

Dengan rata-rata kurs rupiah pada September 2020 Rp 14.487,95 per dollar Amerika Serikat, maka gaji Youtuber Indonesia paling besar tersebut mencapai Rp 504,83 juta hingga Rp 8,07 miliar.

Sosical Blade mencatat, dalam sebulan terakhir video milik Deddy Corbuzier ditonton 135,83 juta kali.

Lalu, dalam setahun terakhir, gaji Youtuber Indonesia yang dulu berprofesi sebagai tukang sulap ini US$ 407,5 ribu-US$ 6,5 juta atau setara Rp 6,05 miliar hingga Rp 96,51 miliar.

Duduk di peringkat kedua sebagai youtuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia adalah Ria Ricis.

Pemilik akun Youtube Ricis Official ini diperkirakan mendapatkan penghasilan sekitar US$ 22,3 ribu-US$ 357,6 ribu dalam sebulan terakhir.

Ria Ricis saat menghadiri screening film Hayya: The Power of Love di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu sore (8/9/2019).
Ria Ricis saat menghadiri screening film Hayya: The Power of Love di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu sore (8/9/2019). (Kompas.com/Tri Susanto Setiawan)

Sedangkan dalam setahun terakhir, Ria Ricis diperkirakan memperoleh pendapatan US$ 268,2 ribu-US$ 4,3 juta. Dalam sebulan terakhir, video buatan Ria Ricis ditonton 89,39 juta kali.

Duduk di peringkat ketiga sebagai youtuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia adalah Baim Wong.

Pemilik akun Youtube Baim Paula ini diperkirakan mendapatkan penghasilan US$ 22 ribu-US$ 351,5 ribu dalam sebulan terakhir.

Baim Wong, Kiano Tiger Wong dan Paula Verhoeven saat liburan
Baim Wong, Kiano Tiger Wong dan Paula Verhoeven saat liburan (instagram baimwong)

Sedangkan dalam setahun terakhir, Baim Wong diperkirakan mengantongi pendapatan US$ 263,6 ribu-US$ 4,2 juta. Video buatan Baim Paula dalam sebulan terakhir ditonton 87,88 juta kali.

Duduk di peringkat keempat sebagai youtuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia adalah Raffi Ahmad. Pemilik akun Youtuber Rans Entertainment ini diperkirakan membawa pulang US$ 20,6 ribu-US$ 329,7 ribu dalam sebulan terakhir.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Jumat (28/8/2020).
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Jumat (28/8/2020). (Capture YouTube RIOMOTRET)

Sepanjang sebulan lalu, vidoe buatan Raffi Ahmad di Youtube ditonton 82,42 juta kali. Lalu, pendapatan Raffi Ahmad dari Youtube dalam setahun terakhir mencapai US$ 247,3 ribu-US$ 4 juta

Sedangkan di peringkat kelima sebagai youtuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia adalah Atta Halilintar. Dalam sebulan terakhir, Atta Halilintar diperkirakan mengantongi pendapatan sebesar US$ 20,1 ribu-US$ 321,1 ribu.

Video Youtube buatan Atta Halilintar dalam sebulan terakhir ditonton sebanyak 80,28 juta kali. Dalam setahun terakhir, Atta Halilintar diperkirakan mengantongi pendapatan US$ 240,8 ribu-US$ 3,9 juta.

Selama ini para youtuber membantah data tersebut. Namun mereka juga merahasiakan besaran penghasilan dari Youtube. Data youtuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia ini berdasarkan perhitungan Social Blade.  Perhitungan menggunakan jumlah penonton, jumlah iklan tayang dan lain-lain.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dengan (judul Daftar: Youtuber Terkaya Dunia 2020 versi Forbes, Bandingkan Baim Wong, Atta Halilintar & Raffi Ahmad)

 

Berita ini sudah dilihat 9,365 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis