Connect with us
Update Now

Headline

Blusukan Mensos Risma Bikin Wagub DKI Kebingungan Baru Tahu Ada Tunawisma di Thamrin

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 406,501 kali

Kawasan Thamrin terkenal steril dari pengemis, pas Risma blusukan kok malah ada pengemis (dok, detik.com)

BệBASbaru.com, INVESTIGASI– Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria hingga Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin mengaku baru mengetahui ada tunawisma di sekitar Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus). Begini pantauan di lokasi terkait keberadaan tunawisma.

detikcom mencoba melakukan penelusuran di sekitar Menteng hingga Jalan MH Thamrin, Jakpus, Kamis (7/1/2021) dari sekitar pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Terpantau, ada 2 tunawisma yang tengah berjalan kaki di Jalan MH Thamrin arah Patung Kuda menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Mereka terlihat berjalan lawan arah di Jalan MH Thamrin. Salah satu tunawisma pria tampak memakai kursi roda dan didorong oleh tunawisma perempuan. Kemudian terlihat ada tunawisma lain yang sedang berjalan kaki di pedestrian Jalan MH Thamrin, tepatnya di dekat Thamrin 10. Tunawisma pria ini berjalan kaki sambil memegang kantong plastik hitam.

Sementara itu, salah satu tunawisma lainnya, bernama Suyatno (70), ketika disambangi di Jalan KH Wahid Hasyim, tepatnya di sekitar Djakarta Theater, tampak tengah duduk di bangku pedestrian. Tunawisma ini juga sambil membersihkan botol plastik yang telah dipungutnya dari 2 karung.

“Sudah ada satu tahun lah kurang lebih (mencari botol bekas). (Sebelumnya saya) kerja di percetakan, karena sudah tua nggak terpakai, buat makan dulu saya,” ujar tunawisma, Suyatno (70). Suyatno mengatakan setiap harinya dia mencari botol-botol plastik bekas di sekitar Menteng, Jakpus. Dia mencari botol plastik dari pagi sampai sore agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sekitar sini aja (mencari barang bekas). (Dari) Kebon Sirih, Kebon Sirih dalem, terus Juanda, Gondangdia, Thamrin juga,” ucapnya. “Iya buat sendiri buat makan, ngopi. Jadi buat sendiri (memulung barang bekas),” bebernya. Kemudian tunawisma lain juga terpantau di sekitar wilayah Menteng. Terlihat seorang pria bernama Herman yang sedang berjalan kaki sambil mendorong gerobak ke arah Jalan Haji Agus Salim.

“Sudah lama, tahun 2012 lah (mencari barang bekas),” ucap tunawisma, Herman. Herman mengatakan mencari barang-barang bekas di sekitar Menteng. Dia mencari barang bekas sedapatnya tiap hari. “(Cari barang bekas di) Menteng aja sudah. Thamrin-Sudirman susah jalannya, paling (ke sana) lewat belakang-belakang aja,” jelasnya.

“Ya kita ikuti kayak air mengalir aja (mencari barang bekas), begitu. Ya cari terus ke mana sampai sore aja. Kalau sudah penuh (gerobak) pulang, kalau nggak, pulang,” imbuh Herman. Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku baru mendengar ada tunawisma di kawasan Sudirman-Thamrin. Hal ini ditanggapi Riza mengenai temuan Mensos Tri Rismaharini atau Risma saat blusukan.

“Terkait dengan adanya tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin, memang saya sendiri hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/1).

Untuk menindaklanjutinya, kata Riza, Gubernur Anies Baswedan memerintahkan Kadinsos DKI Jakarta mengecek sosok tunawisma yang ditemui Risma di Sudirman-Thamrin. Meski demikian, Riza mengaku ada tunawisma di wilayah lain di Ibu Kota.

“Kami, saya, Pak Gubernur memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ. Setahu kami, jalan ke Jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh. Kalau ada di pinggiran-pinggiran, ada betul. Kalau ada di kolong jembatan, betul masih ada,” kata Riza.

Sumber: detik.com dan berbagai sumber

Berita ini sudah dilihat 534 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 82
  • Page views today : 87
  • Total visitors : 553,413
  • Total page view: 1,139,818