Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Bikin Warga Sengsara, Akibat Jebolnya Danau Eks Tambang Batubara di Desa Paring Guling Tapin

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 410,399 kali

Akibat jebolnya bekas tambang, jalanan dan perkampungan warga terimbas banjir berlumpur (dok, media indonesia)

BệBASbaru.com, TAPIN – Polisi akan memastikan penyebab jebolnya tanggul danau bekas tambang batubara di Dusun Limpana, Desa Paring Guling, Kecamatan Bungur, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal itu dikatakan Kapolsek Bungur, AKP Catur Widianto dihubungi reporter Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (12/12/2020). Menurut AKP Catur Widianto hingga kini belum ada pengaduan atau laporan dari masyarakat pasca jebolnya tanggul danau bekas tambang tersebut.

Namun, memastikan penyebab jebolnya tanggul itu apakah disengaja atau faktor alam diakui AKP Catur Widianto akan diselidiki aparat penegak hukum pada Polres Tapin. Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin, H Nordin akan menurunkan anak buahnya melakukan pengecekan di lokasi terdampak.

Itu dilakukan untuk memastikan tidak ada pencemaran lingkungan pascajebolnya danau bekas galian tambang terhadap masyarakat di lingkar tambang. Menurut Nordin, kewenangan yang memeriksa bekas galian tambang itu adalah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan catatan apabila bekas galian pertambangan resmi.

“Kalau ternyata bekas galian pertambangan tidak resmi atau tidak berizin itu sudah ranahnya kepolisian menindak, termasuk apakah jebol itu disengaja atau tidak disengaja,” katanya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Polisi Selidiki Penyebab Jebolnya Danau Bekas Tambang Batubara di Desa Paring Guling Tapin)

Berita ini sudah dilihat 253 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 88
  • Page views today : 103
  • Total visitors : 553,530
  • Total page view: 1,139,963