Connect with us
Update Now

Dunia

Bikin Rakyatnya Makin Muak, Di Tengah Demo Besar dan Pandemik Korona, Raja Thailand Pesta Ulang Tahun Ibu Ratu

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 254,009 kali

Rakyatnya berdemo, Raja Maha Vajiralongkorn malah pesta ulang tahun ke-88 Ibu Ratu Suri Sirkit (kanan tengah). (dok, ROYALE HOUSEHOLD BUREAU-AFP via DAILY MAIL)

BêBASbaru.com, DUNIA-BANGKOK – Raja Thailand seakan menulikan telinga dan menutup matanya terkait demo besar-besaran rakyatnya.

Sebab di tengah gelombang demo besar-bearan siang malam menuntut reformasi birokrasi serta UU Monarkhi, Kerajaan Thailand justru pesta merayakan ulang tahun ke-88 Ibu Ratu Suri. Raja Maha Vajiralongkorn – yang juga dikenal sebagai Rama X – difoto sedang memegang tangan Ibu Suri Sirikit saat seremoni. Perayaan ulang tahun itu juga dihiasi cahaya lilin dan hari libur nasional.

Sementara itu Ibu Suri Sirikit berbusana dengan motif bunga-bunga, lengkap dengan kalung mutiara saat berfoto bareng putra dan menantunya, Ratu Suthida. Ibu Suri Sirikit lahir di Bangkok pada 1932 dan menghabiskan masa kecilnya di Thailand, Inggris, Denmark, dan Perancis. Dia menikah dengan Raja Rama atau Rama IX pada 1950, dan pasangan itu tetap bersama hingga sang suami meninggal pada 2016.

Ia terkenal dengan penampilannya yang glamor, tapi dalam beberapa tahun terakhir jarang terlihat di depan publik setelah terkena stroke pada 2012. Namun pesta ulang tahun ini mendapat kritikan pedas, lantaran digelar saat terjadi demo besar.

Raja Thailand Selesaikan Ritual Penobatan 3 Hari

Raja Maha Vajiralongkorn yang super kaya ini sangat suka berfoya-foya bersama puluhan gundiknya (dok, reuters)

 

Sekitar 4.000 demonstran turun ke jalan di Bangkok pekan ini, dan membacakan daftar tuntutan untuk kerajaan termasuk reformasi hukum “lese majeste” yang melindungi Raja dari kritik. Aktivis juga mengkritisi Raja Maha Vajiralongkorn yang super kaya dan berfoya-foya serta menghabiskan sebagian besar waktunya di Jerman.

Para demonstran sebelumnya telah menyindir Raja Maha, dengan menanyakan cuaca di Jerman dan memegang foto Lord Voldemort tokoh fiktif di serial Harry Potter. Namun akhir-akhir ini kritik semakin deras dilancarkan massa, dan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha pun sampai mengeluarkan teguran. Kemudian Bloomberg melaporkan, Thailand sekarang mengancam akan menempuh jalur hukum atas unggahan media sosial uang mengkritik kerajaan.

Dilansir dari Daily Mail Kamis (13/8/2020), Menteri Ekonomi Digital Buddhipongse Punnakanta diduga telah memerintahkan pihak berwenang untuk menelusuri unggahan “tidak pantas” di Facebook, Twitter, dan YouTube yang mungkin melanggar Undang-undang Kejahatan Komputer. Lalu pada Senin malam (9/8/2020), ribuan pengunjuk rasa meneriakkan “demokrasi seumur hidup” selama protes di sebuah kampus di Bangkok. Para demonstran dari kelompok mahasiswa pro-demokrasi menyerukan 10 poin untuk reformasi monarki, sedangkan yang lainnya meminta PM mundur.

Tuntutan para mahasiswa itu termasuk pembatalan perintah 2019, yang menugaskan dua unit tentara ke komando pribadi Raja, dan UU tahun 2017 yang memberinya kendali penuh atas kepemilikan properti kerajaan. Vajiralongkorn diperkirakan memiliki kekayaan 30 miliar dollar AS (Rp 446,5 triliun, kurs Rp 14.800/dollar AS), dan telah menghabiskan sebagian besar waktunya di Eropa, termasuk selama lockdown virus corona. Beberapa laporan di Jerman awal tahun ini mengklaim Raja menginap di sebuah hotel mewah dengan sejumlah selir.

Sumber: Kompas.com dan berbagai sumber (dengan judul: “Di Tengah Demo Besar, Kerajaan Thailand Berpesta Rayakan Ulang Tahun Ibu Ratu”)

Berita ini sudah dilihat 21,425 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 110
  • Page views today : 143
  • Total visitors : 547,585
  • Total page view: 1,133,010