Connect with us
Update Now

Balangan

Biarpun Buncit Namun Jumlah Medali Naik

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 235,232 kali

Peringkat ke 13 yang didapatkan Balangan, alias juru kunci pada Pekan Olahraga Propinsi Kalsel ke 10 (8-15/10) di Tabalong lalu, dianggap memang belum membanggakan bagi Kabupaten pemekaran ini, menurut Plt Ketua KONI Balangan Drs H Syarifuddin, pihaknya tidak berkecil hati. “Kami sangat bangga dengan kerja keras atlet-atlet kami yang mampu mempersembahkan 12 emas, 13 perak dan 23 perunggu bagi Balangan, ini sungguh sangat luar biasa. Karena pada pelaksanaan Porprop 4 tahun silam, Balangan hanya mampu memperoleh 4 emas. Saya berharap, di Porprov Tahun 2021 nanti Balangan mampu bersaing dengan Kab/Kota lainnya di Kalsel,” ungkap Syarifuddin. Ditambahkan, hal ini bisa saja terjadi, karena pada Porprov ke 10 ini, Balangan hanya mengikuti 21 cabang olahraga, kami yakin pada Tahun 2021, kami akan mampu mengikuti 35 cabang olahraga dan memperoleh lebih banyak medali pada event olahraga terbesar se Kalsel ini. Pria yang juga menjabat sebagai kepala Bidang Organisasi di KONI Kalsel selanjutnya mengatakan, pelaksanaan Porprov ke 10 di Bumi Saraba Kawa ini sangat istimewa dan meriah, karena untuk pertama kalinya pelaksanaan ceremony dan closing Porprov dilaksanakan pada malam hari. Hebatnya lagi, lanjutnya, pada porprov kali ini banyak terjadi perubahan peringkat perolehan mendali dari berbagai Kab/Kota se Kalsel, tidak terkecuali Balangan. Dia menambahkan, hal ini akan membuat Balangan akan menjadi salah satu Kabupaten yang dapat di perhitungkan dalam peringkat perolehan mendali. “Kami akan belajar dari Tabalong yang mampu memperbaiki posisinya di porprov, kami akan terus membina bibit-bibit muda Balangan, terutama dalam bidang olahraga, sehingga pada saat Porprov XI nanti, kami mampu dapat mengikuti seluruh cabang olahraga.

Pelatihan Awal BPD Terpilih Di Balangan.
Senin (16/10), bertempat di Aula Ispektorat Balangan, dihadiri ratusan BPD terpilih dari berbagai desa se Balangan. Pelatihan awal dan peningkatan kompetensi Anggota Badan Permusyawaratan Desa se Kabupatan Balangan. Dalam rangka efektefitas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BPD, acara ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 16-17 Oktober 2017, Untuk melakukan pelatihan ini panitia mendatangkan 3 narusumber yaitu, Januar Hapriandyah SH MH, yang merupakan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kabupaten Balangan. Gusti Nur Iana, yang merupakan Kabid Bina Pemdes Banjarmasin dan Sugeng Pamuji, seorang perancang muda Banjarmasin. Penyampaian materi oleh narasumber di sambut antusias oleh peserta pelatihan ini, salah seorang anggota DPD yang mengikuti pelatihan awal ini mengatakan, bahwa pelatihan ini sangat penting apalagi bagi yang belum pernah menjadi BPD. “Semoga dengan adanya pelatihan ini , kami dapat menjalankan tugas kami dengan baik dan lancer sesuai dengan UU Nomor 6 tahun 2014 tantang desa,” katanya. Jaunar menjelaskan pasal 55, UU desa yang menyebutkan Fungsi DPD, yaitu, membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, melakukan kinerja kepala desa, lebih dari itu BPD juga memiliki Hak, yang terdapat pada pasal 61 Huruf A yaitu, mengawasi dan meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintah desa kepada pemerintah desa, menyatakan pendapat atas penyelenggaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan desa, dan mendapatkan biaya operasional pelaksanaan tugas dan fungsinya dari anggaran pendapatan belanja desa. BPD juga bertugas melaksanakan MUSDES ( Musyawarah Desa) yang terdiri dari kepela desa dan masyarakat desa guna untuk menjalin kebersamaan dalam membangun desa.

685 BPD Terpilih Diambil Sumpah Bupati Balangan
Rabu(4/10), bertempat dihalaman kantor bupati Balangan, di laksanakan acara pengangkatan dan pengambilan sumpah BPD ( Badan Permusyawaratan Desa) terpilih dari 137 Desa, se Kabupaten Balangan, dengan masa jabatan 2017-2023 (6 tahun), BPD yang di angkat dan di ambil sumpah berjumlah 685 orang. Dalam sambutannya, Bupati Balangan Drs H Ansharuddin Msi mangatakan, bersama dengan terpilih dan dilantiknya bapak dan ibu sebagai Anggota BPD di desanya, tentu memiliki harapan besar yang saudara jalankan dalam membangun desa. “Bapak dan Ibu yang dilantik pada hari ini adalah orang-orang yang di percaya masyarakat di desanya masing-masing, karena pemilihan yang kita lakukan adalah pemilihan langsung, dimana Bapak dan ibu sebagai calon BPD, langsung dipilih oleh masyarakat, mereka yang memilih saudara sebagai anggota BPD sangat berharap besar kepada saudara, untuk memajukan desanya, saya berharap tidak ada anggota BPD yang menyalahkan jabatannya hanya untuk kepentingan umum,” ucap Bupati. Bupati menambahkan, mereka yang dilantik tidak mementingkan kepentingan pribadi, tetapi mementingkan kepentingan masyarakat di desa masing-masing. Dengan cara menyampaikan aspirasi kepada pemerintah desa dan Anggota BPD juga bisa mengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan desa, yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dan memperjuangkan aspirasi serta mempertahankan persatuan dan kesatuan. Bupati juga berpesan, tentang penggunaan dana desa, banyak desa yang tidak bisa mengelola dana desa. “Saya harap, tidak ada desa yang salah dalam pengelolaan dana desa ini, baik itu dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan juga pelaporan kegiatan. Harus dilakukan secara teliti agar tidak ada kesalahan dalam pengelolaan dana desa ini. Kepada Anggota BPD yang telah usai jabatannya, Bupati mengucapkan terima kasih, karena telah memperjuangkan aspirasi masyarakat desanya, juga mengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan di desanya dengan cukup baik. ê

Berita ini sudah dilihat 133 kali

Continue Reading
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 98
  • Page views today : 105
  • Total visitors : 546,126
  • Total page view: 1,131,350