Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Berita Covid-19 Tanah Laut: Meningkatnya Positif Hingga Tembus 290 Kasus, Warga Sulit Disiplin Akibat Tekanan Ekonomi

Diterbitkan

pada

Faktor ekonomi membuat warga sulit mematuhi protokol kesehatan dan jadi penyebab tingginya positif korona (dok,tribunnews)

BêBASbaru.com, TANAH LAUT – Jumlah orang-orang yang terpapar corona virus diseases (covid-19) di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), masih terus menanjak. Data terkini hingga Rabu (8/7/2020) pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Tala, jumlah total kasus corona di daerah ini telah mencapai 290 orang terkonfirmasi positif. Dari jumlah tersebut, masih dalam perawatan sebanyak 177 orang. Selebihnya yakni seratus orang telah sembuh dan 13 orang dinyatakan meninggal akibat infeksi virus yang pertama mabah di Wuhan, China, tersebut. Pemerintah Kabupaten Tala pun sejak sekitar dua bulan lalu hingga sekarang masih menggencarkan penyisiran orang-orang yang bersiko tinggi terpapar corona. Salah satu upayanya yakni memasifkan rapid test. Sementara itu sebagian warga di daerah agraris ini mulai bosan menyikapi situasi wabah corona yang tak kunjung merada ini. “Kapan berakhirnya, jumlah pengidap corona kok makin banyak saja. Mati berdiri juga kalau kelamaan karena seretnya penghasilan,” gerutu Muhli, warga Pelaihari. Ia berharap pemerintah melonggarkan penyelenggaraan kegiatan agar ekonomi masyarakat kembali berdetak. “Saya yakin semua mau menaati kewajiban pakai masker, cuci tangan dan lainnya,” tandasnya. Bupati Tala H Sukamta mengatakan saat ini Tala menuju puncak kasus covid-19 di daerah yang dipimpinnya. Ia berharap seluruh elemen masyarakat mematuhi semua seruan pemerintah terutama dalam hal menjalankan protokol kesehatan. Dikatakannya, puncak jumlah kasus positif covid-19 di Tala saat ini memang cukup tinggi sebagai dampak penggencaran rapid test. Hingga beberapa pekan ke depan dimungkinkan masih akan bertambah. Namun pada saatnya nanti akan terjadi penurunan dan terus menurun. “Prediksinya, jumlah kasus positif di Tala puncaknya mencapai sekitar 350 hingga 400-an,” sebutnya.Pemerintahannya saat ini juga sedang mengupayakan pembelian alat untuk pengujian sampel swab. Pasalnya kini hasil uji lab terhadap sample swab kian lama menyusul makin panjangnya antrean sampel swab yang mesti diuji lab di Balai Kesehatan Lingkungan di Banjarbaru. Semua daerah di Kalsel mengirim sampel swab ke tempat ini.

Update Covid Tala

Terkonfirmasi Positif

– Jumlah total 290 orang

– Dalam perawatan 177 orang

– Sembuh 100 orang

– Meninggal 13 orang

Orang Dalam Pemantauan (ODP)

– Jumlah Total 179

– Proses pemantauan 65 orang

– Selesai pemantauan 114 orang

Orang Tanpa Gejala (OTG)

– Jumlah Total 658 orang

– Proses pemantauan 537 orang

– Selesai pemantauan 21 orang

Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

– Jumlah total 51 orang

– Proses pengawasan 38 orang

– Selesai pengawasan 13 orang

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul:  Positif Covid-19 di Tanahlaut Tembus 290 Kasus, Bupati Sukamta Prediksi Puncaknya Capai 400an)

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

SPACE IKLAN

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 28
  • Page views today : 31
  • Total visitors : 505,367
  • Total page view: 1,083,231