Connect with us
Update Now

Banjarmasin

Berita Covid-19 Kalsel: Tanah Laut Sumbang 71 Orang Sembuh, Total Ada 202 Orang Sembuh

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 120,403 kali

Pasien-pasien yang sudah dinyatakan sembuh kini bisa pulang kembali dan berkumpul dengan keluarga (dok, DutaTV)

BêBASbaru.com, BANJARMASIN – Pasien positif Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ) kali hari ini dilaporkan di angka 5.216 orang. Sedangkan yang sembuh sudah hampir separuhnya, yakni 2.236 orang atau 42,87 persen. Sedangkan penambahan positif Covid-19 hari ini sebanyak 133 orang, berasal dari Kabupaten Tanahlaut (Tala) 15 orang , Kabupaten Kotabaru 2 orang , Kabupaten Banjar 2 orang , Kabupaten Barito Kuala (Batola) 3 orang , Kabupaten Hulu Sungai  Utara (HSU) 20 orang , Kabupaten Balangan 3 orang , Kota Banjarmasin 57 orang dan Kota Banjarbaru 31 orang. Pasien Covid-19 sembuh sebanyak 202 orang, berasal dari karantina di Kabupaten Tala 71 orang, Kabupaten Kotabaru 1 orang ,  isolasi mandiri di Kabupaten Tapin 18 orang , Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 20 orang , isolasi mandiri di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) 5 orang , karantina di Kabupaten Tabalong 18 orang , isolasi mandiri Kota Banjarmasin 56 orang dan tempat karantlna di Kota Banjarbaru 13 orang. Pasien Covid-19 yang dilaporkan meninggal 5 orang, berasal dari Kabupaten HSU  2 orang (meninggal 12 dan 17 Juli 2020), Kota Banjarmasin 2 orang (15 dan 17 Mei) dan Kota Banjarbaru (meninggal 22 Juli). Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, mengatakan, kemampuan alat PCR untuk analisa hasil tes swab di Kalsel meningkat dan tidak ada antrean lagi.  “Sebelumnya per hari hanya 300-an hasil tes swab yang mampu dianalisa, sementara saat ini sudah mampu 1.200 analisa swab dalam sehari,” sebutnya. Dengan peningkatan kemampuan alat PCR, antrean tes swab yang selama ini dikeluhkan pasien, berhasil diatasi. “Sebelumnya terjadi penumpukan 5.000 tes swab,” imbuh dia.

Data Covd-19 Kalsel terbaru (dok, Bpost)

Kemampuan analisa swab ini seiring dengan meningkatnya jumlah alat PCR di Kalsel, baik dari pembelian APBD provinsi, bantuan pusat dan kerja sama pihak rumah sakit swasta. Gugus Tugas provinsi juga berhasil meningkatkan kemampuan treatment terpapar Covid-19, sehingga tingkat kesembuhan meningkat dari kisaran 30 persen menjadi lebih 40 persen dari total kasus positif. “Angka kematian juga berhasil ditekan, dibuktikan semakin banyaknya jumlah sembuh setiap hari khususnya dari karantina khusus Pemprov Kalsel,” kata Roy. Gugus Tugas Provinsi juga sedang menginisiasi pembentukan Kampung Tangguh di zona paling merah Kota Banjarmasin, yakni di Kelurahan Pekapuran Raya. Bekerja sama Pemerintah Kota Banjarmasin, Polda Kalsel dan Korem 101/Antasari. Gugus tugas provinsi bersama kabupaten/kota saat ini terus melakukan kegiatan 3T (Tracking, tracing dan testing) secara agresif di berbagai kabupaten/kota, hingga ke tingkat puskemas. “Upaya 3T ini adalah strategi untuk memutus mata rantai penularan Covid 19,” tandas Roy. Menurutnya, penanganan Covid-19 tak bisa dilakukan secara parsial, namun harus secara komprehensif, sehingga perlu ada keselarasan penanganan antar gugus tugas di provinsi maupun kabupaten/kota. “Diharapkan, Gugus Tugas di kabupaten/kota terus melaksanakan kegiatan surveilance epidemiologi, yaitu 3T, sehingga warga terpapar Covid-19 yang masih ada di luar segera dapat di treatment baik melalui karantina khusus atau perawatan di rumah sakit,” harapnya. Gugus Tugas provinsi juga terus melaksanakan kegiatan sosialisasi protokol kesehatan melalui Tim KIE Pemprov Kalsel secara masif ke berbagai daerah khususnya wilayah zona merah atau berisiko tinggi terjadi penularan.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Update Covid-19 Kalsel: 202 Orang SEMBUH, Terbanyak dari Kabupaten Tala 71 orang)

Berita ini sudah dilihat 76 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 349
  • Page views today : 383
  • Total visitors : 531,521
  • Total page view: 1,115,286