Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Belum Serah Terima Dengan Kontraktor, Jalur Kandangan-Loksado di Mawangi Ambles

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 238,120 kali

Ruas jalan Kandangan-Loksado di Desa Mawangi Kecamatan Adang Batung yang amblas (dok, kades mawangi-Bpost)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Setelah tertutup tanah longsor, ruas jalan Kandangan-Loksado tepatnya di Desa Mawangi Kecamatan Padang Batung, Hulu Sungai Selatan (HSS) kini aspalnya mengalami retak dan terancam ambles.

Meski sudah dipasangi rambu peringatan serta sudah diberi garis pada aspal jalan yang retak, pengguna jalan yang melintas diimbau untuk berhati-hati. Sebab, retakannya kian bertambah dalam.  Kepala Desa Mawangi, Djaun Umar, kepada bajarmasinpost.co.id, Senin (16/11/2020) mengatakan, kondisi terakhir keretakannya bertambah parah, sehingga tanahnya terancam ambles.

“Tanahnya sudah turun lumayan lebih 10 sentimeter sejak mulai retak sekitar seminggu yang lalu,”ungkap Kades. Dijelaskan, kondisi terebut akibat hujan deras intens yang terjadi sejak Oktober 2020. Djaun menyebut, kerusakan akibat bencana alam itu, berada di sisi sebelah kiri jalan dari Kandangan menuju Loksado.

Sementara, ruas jalan tersebut merupakan satu-satunya akses menuju kecamatan Loksado. “Sudah dipasangi rambu, dan diberi garis di sekitar jalan yang  aspalnya turun, mungkin oleh Pemkab HSS,”katanya.

Perbaikan jalan tersebut menjadi kewenangan Pemprov Kalsel. Untuk itu, Djaun berharap agar segera diperbaiki dengan teknik dan konstruksi yang lebih kuat dan awet. Pasalnya, jelas dia sudah ketiga kalinya titik jalan itu mengalami hal yang sama. Yaitu Pada 2015,2018 dan 2020 ini dan sebelumnya sudah dilakukan pengaspalan beberapa kali.

Disebutkan, untuk 2020, baru saha dilakukan perbaikan  sehingga statusnya masih dalam pemeliharaan kontraktor. “Sekarang belum diperbaiki, bahkan jalan disebelah kanannya terancam ambles juga karena tiang listrik yang ada sudah miring,”kata Djaun.

Kadespun mengatakan, beberapa hari yang lalu, nyaris terjadi kecelakaan di dekat titik jalan yang anjlok. Satu unit truk saat berhenti untuk memberi jalan mobil lain lewat saat berselisihan mengalami mati mesin, hingga trun mundur sendiri. “Untungnya tidak ada pengendara lain di belakangnya,”kata Kades.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Aspal Retak, Jalan Kandangan-Loksado di Mawangi HSS Terancam Ambles)

Berita ini sudah dilihat 116 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 67
  • Page views today : 79
  • Total visitors : 546,416
  • Total page view: 1,131,684