Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Selatan

Bawaslu HSS Sebut Seruan MUI Tolak Politik Uang Dipatuhi

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 407,450 kali

Bupati HSS dan istri saat nyoblos di Pilgub Kalsel 9 Desember lalu (dok, antaranews.com)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur/Wakil Gubernur Kalsel yang berlangsung di tengah pandemic covid-19, berjalan aman, damai dan lancar meski masih banyak masyarakat tak menggunakan hak pilihnya.

Rapat pleno rekapitulasi perolehan hasil suara di seluruh tingkat kecamatan pun telah selesai 100 persen di tingkap Panitia Pemilihan Kecamatan. Terkait jalannya PIlkada tersebut, Ketua Bawaslu HSS Hasnan Fauzan, dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, Minggu (13/12/2020) mengatakan, sejak awal pemilihan hingga selesai rekap perolehan suara ditingkat kecamatan, pihaknya tak menemukan adanya dugaan pelanggaran.

“Baik dari hasil pantauan kami maupun pengaduan dari masyarakat, sejauh ini tidak ada,”kata Hasnan. Termasuk, kata Hasnan soal politik uang, pihaknya melaksanakan patroli keliling kecamatan dan desa-desa, sejak sore, malam hingga subuh.

“ALhamdulilah, sejauh pemantauan kami tidak ada paslon yang bergerilya melakukan poitik uang kepada masyarakat. Bahkan sampai sekarang tidak ada pengaduan dari masyarakat,”katanya. Disebutkan, tak ditemukannya dugaan politik uang menjelang pencoblosan, berkat gencarnya sosialisasi dakwah para ulama.

Khususnya MUI HSS, yang aktif mengeluarkan surat imbauan agar masyarakat menolak politik uang dan mengimbau para paslon tidak melakukan hasl tersebut karena secara dalil, dalam Islam politik uang jelas-jelas haram.

“Kami juga menyampaikan terimakasih kepada MUI HSS yang datang ke Kantor Kami untuk memberikan dukungan moral agar menjalankan tugas dan fungsi pengawasan sesuai hukum yang berlaku,”kata Hasnan.

Bawaslu sendiri, kata Hasnan, jug aaktif melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyaraat. Selain memasang sejumah baliho berisi ajakan mengikuti pemilu yang jujur dan adil, serta menolah politik uang, juga sosialisasi hal tersebut melalui Camat, KAdes, serta Kepala Sekolah. “Kami sudah mengajak para ASN netral,kata HAsnan.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Tak Temukan Pelanggaran, Bawaslu HSS Sebut Seruan MUI Tolak Politik Uang Dipatuhi)

Berita ini sudah dilihat 195 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 6
  • Page views today : 8
  • Total visitors : 553,448
  • Total page view: 1,139,868