Connect with us
Update Now

Banjar

Banyaknya Putus Sekolah di Kabupaten Banjar, 13 Pasangan pun Nikah Dini

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 128,623 kali

Ilustrasi, pernikahan dini terjadi salah satu faktornya putus sekolah di Kabupaten Banjar, Kalsel (dok, InaKoran)

BêBASbaru.com, BANJAR –  Pernikahan di bawah umur masih banyak terjadi di wilayah Kabupaten Banjar. Contohnya saja, di Martapura Kota saja, untuk tahun 2020 ini terdapat 13 pernikahan di bawah umur.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Martapura Kota, Abdul Basit membenarkan masih terjadinya pernikahan di bawah umur dibawah usia 19 tahun. Menurutnya, pernikahan di bawah umur harus dilakukan oleh KUA jika pasangan sudah mendapatkan dispensasi nikah dari Pengadilan Agama.

“Kita memang ada menikahkan yang dibawah umur tapi mereka tentu sudah memiliki surat dispensasi menikah dari pengadilan agama masing-masing,” ujarnya, Selasa (6/10/2020).

Selama ini, setiap ada pasangan yang ingin menikah dan termasuk di bawah umur selalu ditolak oleh KUA karena tidak memenuhi persyaratan.

Pasangan biasanya mengajukan dispensasi menikah ke pengadilan agama atau memilih melakukan nikah siri yang kemudian setelah cukup umur akan dilakukan isbad atau nikah secara resmi.

Selama 2020 ini, terangnya, sudah ada 13 orang yang melakukan nikah di bawah umur. Biasanya selama setahun jumlah nikah dibawah umur maksimal 15 orang.

“Kalau dibilang meningkat tidak juga, sama saja dengan tahun-tahun sebelumnya, cuma untuk data se Kabupaten Banjar untuk di 2020 ini kurang tau,” tambahnya.

Biasanya, penyebab pernikahan di bawah umur lantaran anak yang sudah putus sekolah. Orang tua anak pun memikirkan anak untuk dinikahkan sehingga tak menjadi beban bagi orangtua.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Pernikahan di Bawah Umur di Martapura Kota di 2020 Capai 13 Orang, Dampak Putus Sekolah)

Berita ini sudah dilihat 151 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 3 
  • Visitors today : 259
  • Page views today : 290
  • Total visitors : 532,266
  • Total page view: 1,116,126