Connect with us
Update Now

Balangan

Bantu UMKM di Balangan, 4.000 Pelaku Usaha Diusulkan Terima BPUM Tahap Satu

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 255,766 kali

Warga UMKM di Balangan isi persyaratan dapat bantuan (dok, tribunnews.com)

BêBASbaru.com, BALANGAN – Dinas Koperasi Usaha Kecil/Mikro dan Perindustrian Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, rutin melakukan pendataan unit UMKM. Dari situ, diketahui jumlah pelaku usaha se kabupaten. Karena itu, Dinas Koperasi Usaha Kecil/Mikro dan Perindustrian mudah melakukan koordinasi.

Terutama saat ini, mengusulkan untuk bisa menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Totalnya, 4.000 UMKM.  Data tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil/Mikro dan Perindustrian, Syamsul Hidayat,  didapat dari pendataan terbaru pada Agustus 2020 lalu.

“Kami rutin melakukan pendataan setiap tahunnya. Pada 2019 lalu dan terakhir Agustus 2020 juga ada pendataan. Memang pendataan itu bukan khusus untuk bantuan ini. Hanya saja secara kebetulan diperlukan untuk data BPUM,” ucap Syamsul, Senin (26/10/2020).

Pihaknya pun merasa beruntung karena adanya pendataan rutin. Sehingga saat diperlukan, tidak lagi mendata ulang dan bisa cepat mengirimkan data tersebut ke pemerintah pusat. Namun dari 4.000 jumlah UMKM di Kabupaten Balangan, tidak diketahui berapa yang telah diverifikasi dan mendapatkan bantuan. Terlebih, pencairan langsung ke Bank BRI melalui penerima bantuan.

Begitu pula pada bantuan yang dikeluarkan untuk tahap dua, instansi terkait ujar Syamsul hanya berhak untuk pengusulan data dan tidak bisa menentukan siapa yang layak menerima BPUM tersebut. Terlepas dari itu, Syamsul berharap masyarakat juga memahami prosedur atau administrasi yang diperlukan. Selain itu bantuan yang diterima diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid 19 saat ini.

“Pandemi Covid 19 saat ini membuat perekonomian anjlok. Diharapkan melalui bantuan pemerintah pusat tersebut, UMKM kembali bisa bergerak dan perekonomian menjadi lebih baik,” tutupnya. Bantuan yang didapat oleh tiap UMKM mencapai Rp 2.400.000. Program tersebut dialirkan secara merata bagi UMKM yang telah terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Mikro/Kecil dan Perindustrian Kabupaten Balangan.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Sebanyak 4.000 UMKM di Balangan Kalsel Diusulkan Terima BPUM Tahap Satu)

Berita ini sudah dilihat 457 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 4
  • Page views today : 4
  • Total visitors : 547,772
  • Total page view: 1,133,217