Connect with us
Update Now

Banjar

Banjir di Pekauman Banjar Mendadak Jadi Ajang Jualan

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 461,994 kali

Di balik bencana ada berkah, beginilah para pedangan jualan di tengah banjir Pekauman, Banjar (dok, Tribunnews.com)

BệBASbaru.com, BANJAR – Banjir yang bagi sebagian warga Kabupaten Banjar menjadi musibah, berbeda dengan pemandangan di Jalan Martapura Lama, Pekauman, justru menjadi tempat keramaian bak wisata air baru.

Tampak berdasarkan pantauan Banjarmasinpost.co.id Senin (28/12/2020), ruas Jalan Martapura Lama, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dipenuhi warga yang ingin bermain air dan pedagang.

Mulai dari pedagang dadakan, hingga pedagang yang biasanya berkeliling, mangkal bareng di kawasan banjir. Warga yang sebelumnya juga berjualan di pasar, ikut bergabung. Sementara itu, di titik lain, ada yang warga menarik uang parkir.

Sementara itu, warga lain yang ingin bermain air, juga datang dengan membawa ban dalam berbagai ukuran. Orangtua yang mengajak anak bermain banjir, juga datang dengan membawa pelampung. Bahkan, sudah ada anak-anak yang berenang hingga ke Sungai Martapura yang berada di dekatnya.

Pedagang keliling yang mengendaria sepeda motor, rela berjualan di atas genangan air. Demi menjaga agar mesin tak kemasukan air banjir, pedagang bahkan menutup knalpot sepeda motor dengan plastik.

Salah satu pedagang, Hamid, mengaku memilih berjualan di atas genangan banjir demi pembelinya lebih banyak. “Biasa saya keliling, tapi katanya di sini ramai, jadi jualan di sini. Ternyata memang rami,” ujar pedagang makaroni ini kepada Banjarmasinpost.co.id.

Ia mengaku sudah dua hari berjualan di genangan banjir di Pekauman. Terkait kondisi sepeda motornya, memang sempat mogok. Namun kini, disiasatinya dengan menutup lubang knalpot menggunakan plastik.

Sementara itu, Kapolsek Martapura Timur, Ipda Syamsul Bahri, mengatakan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meski sedang bermain di lokasi banjir.

Polisi di tengah banjir, datangi pedagang supaya tetap menerapkan protokol kesehatan, di Jalan Martapura Lama, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (28/12/2020). “Kami juga meminta kepada perangkat desa dan ketua RT agar bisa diberi pembatas antara badan Sungai Martapura dengan daratan,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Kawasan Banjir di Pekauman Kabupaten Banjar Mendadak Ramai Warga dan Pedagang)

Berita ini sudah dilihat 264 kali