Connect with us
Update Now

Balangan

Balangan Mulai Siaga, Ditemukan Hot Spot di Tiga Kecamatan di Balangan

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 112,544 kali

Hotspot atau titik panas mulai bermunculan di Balangan (dok, Tribunnews)

BêBASbaru.com, BALANGAN–  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan nyatakan siaga satu Karhutla di musim kemarau kali ini. Mereka juga telah melakukan pendataan pada sejumlah hotspot yang ada di wilayah Kabupaten Balangan. Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love menerangkan, ada beberapa hotspot di Balangan yang sudah terpantau. Di antaranya pada Kecamatan Juai, yakni pada area tambang. Selain itu di Kecamatan Halong dan Batumandi yang diduga adanya pembukaan lahan. “Kami sudah melakukan pemantauan pada sejumlah hotspot. Beberapa di antaranya pada kawasan tambang dan wilayah yang melakukan pembukaan lahan,” ucap Alive saat diwawancara pada acara Hari Jadi BPBD Balangan ke 6 di RTH Dispora Balangan, Selasa (18/8/2020). Selain Karhutla, BPBD Balangan juga fokus pada penanggulangan Covid- 19. Apalagi beberapa hari sebelumnya telah dilaksanakan swab masib pada beberapa tempat di Kabupaten Balangan. Tak habis disitu jelas Alive, BPBD Balangan saat ini juga terus meningkatkan untuk lebih cepat tepat dan tangguh dalam menanggulangi bencana. Serta melayani masyarakat yang terdampak.

Titik Hotspot Mulai Muncul di Balangan, Tim Gabungan Aktif Patroli ...

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love (dok, Ist)

“Adapun fokus program kami adalah bagaimana menurunkan indeks resiko bencana. Sehingga mampu meminimalisir korban jiwa dan korban harta,” jelas Alive. Lantas, pada usia BPBD Balangan sekarang, ia berharap kebersamaan dan kesigapan TRC BPBD Balangan semakin meningkat. Selain itu segala kendala di lapangan bisa teratasi dengan peralatan seadanya. Tentunya peran BPBD Balangan juga dipuji oleh Bupati Balangan, Ansharuddin. Sebutnya bupati, partisipasi BPBD Balangan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana sudah luar biasa. Apalagi di musim kemarau ini, saat Balangan juga telah berstatus siaga Karhutla. “Enam tahun sudah BPBD Balangan menjadi instansi mandiri. Tentu peranannya sangat luar biasa dalam bidang penanggulangan bencana. Bahkan selalu siaga 24 jam,” ucap Ansharuddin. Sebutnya, BPBD menjadi bidang yang aktif dalam pelayanan masyarakat dan penanggulangan bencana di Balangan. Selain itu meminimalisir bahaya bencana tersebut. Tak kalah penting ucapnya pada program penanganan Karhutla. Dimana terkadang para anggota TRC siaga sampai malam untuk memadamkan api. Terlebih ketika banjir, mereka pun membantu masyarakat dan ikut juga dalam hal peningkatan jalan pada wilayah rentan bencana.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Ditemukan Hot Spot di Tiga Kecamatan di Balangan, Ada Kawasan Tambang dan Pembukaan Lahan)

Berita ini sudah dilihat 105 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 49
  • Page views today : 52
  • Total visitors : 530,005
  • Total page view: 1,113,571