Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Anggap Mobil Damkar Sudah Kadaluarsa, Kasatpol PP Kotabaru Minta Alat Damkar Dievaluasi

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 238,324 kali

BêBASbaru.com, KOTABARU – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kotabaru Khairian Ansyari mengatakan, peralatan pemadam kebakaran (Damkar) perlu dievaluasi kembali. Evaluasi perlu dilakukan untuk memudahkan gerak petugas dalam penanganan bencana kebakaran.

Alasan Khairian mengevaluasi ulang peralatan damkar, saat penanganan kebakaran menghanguskan ratusan rumah di lima RT di Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan baru-baru ini.

Menurut dia, lima unit mobil damkar di instansinya. Namun, hanya tiga unit berfungsi. “Dua unit ada di workshop PUPR. Tidak bisa difungsikan, kondisinya rusak,” ucap Khairian kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (2/11/2020).

Dua unit damkar teronggok di workshop PUPR, sudah diperiksa oleh ahli. “Hasilnya harus dibawa ke Bogor (diperbaiki). Berapa biaya lagi digunakan kalau memperbaiki,” kata Khairian. Terpisah, lanjut Khairian, selain peralatan damkar milik pemerintah daerah. Milik relawan atau barisan pemadam kebakaran (BPK), perlu dievaluasi. Seperti mesin, selang, serta peralatan pendukung lainnya. “Relawan ketika terjadi kebakaran, mereka lebih leluasa dan bisa masuk ke gang-gang kecil,” imbuhnya kepada banjarmasinpost.co.id.

Seperti kejadian menghanguskan ratusan rumah di lima RT, Kelurahan Kotabaru Tengah. Pantauan banjarmasinpost.co.id di lapangan. Kendala dihadapi petugas relawan, keterbatasan selang. Keterbatasan selang, mereka tidak bisa maksimal mencapai ke lokasi titik api karena akses jalan yang sempit. Bulan, salah seorang petugas relawan kebakaran mengakui. Selain keterbatasan alat pemadam juga perlu dilakukan peremajaan. “Sudah pernah mengajukan proposal ke pemerintah daerah belum terealisasi,” pungkasnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Sikapi Kebakaran di Jalan Fatmaraga, Kepala Satpol PP Kotabaru Setuju Alat Damkar Dievaluasi)

Berita ini sudah dilihat 100 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 86
  • Page views today : 98
  • Total visitors : 546,435
  • Total page view: 1,131,703