Connect with us
Update Now

Headline

Aksi Nekad Maling Madu Kelulut Tebang Pohon Gunakan Chainsaw di Murung Baru, Tanta

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 413,536 kali

Pencuri nekad tebang pohon langsat hanya untuk mencuri madu kelulut (dok, Sekdes MB-Bpost)

BệBASbaru.com, KRIMINALITAS– Aksi pencurian sarang madu kelulut gegerkan warga Desa Murung Baru, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalsel, Jumat (8/1/2021). Parahnya lagi, diduga pelaku nekad menebang dua pohon langsat berukuran besar yang jadi tempat sarang madu kelut, menggunakan gergaji sinsaw.

Akibat pohon yang ditebang ini juga menimbulkan kerugian lain bagi korban, selain kehilangan ternak kelulut, pondok sekaligus kandang itiknya hancur tertimpa rebahan pohon. Kejadian pencurian sarang madu kelulut ini dari informasi sudah cukup sering terjadi sehingga cukup membuat warga resah.

Sekdes Murung Baru, Ahmad Maidi, yang dihubungi, Jumat (8/1/2021), membenarkan terjadi pencurian sarang madu kelulut dengan cara menebang pohon yang menjadi sarang. “Iya kejadiannya di RT 1, milik Juhani,” katanya.

Disampaikannya, korban baru mengetahui peristiwa itu saat pagi tadi mau memberi makan ternak itik miliknya. Ketika sampai di lokasi yang tak jauh dari permukiman, korban dikagetkan melihat kondisi pondok yang jadi satu dengan kandang itik telah hancur ditimpa pohon langsat miliknya.

Setelah diperiksa ternyata ada dua pohon langsat besar tempat sarang kelulut yang telah ditebang dengan sengaja. “Itu kalulut ternak, biasanya dijual lagi dengan sarangnya untuk dibudidayakan,” ujarnya.

Dengan melihat kondisi di lokasi, maka diperkirakan pelaku menjalankan aksinya pada malam hari. Peristiwa hilangnya sarang kelulut yang ada di pohon ini, imbuhnya, sudah cukup meresahkan karena sangat sering terjadi.

Apalagi aksi pelaku ini kerap disertai dengan penebangan pohon yang jadi tempat kelulut bersarang. Dimana pohon yang jadi sarang kelulut ini kebanyakan jenis yang dirawat warga karena biasanya berupa jenis langsat, rambutan, durian dan lainnya.  Sedangkan kali ini malah membuat pondok yang biasa menjadi tempat mengolah gula merah dan juga kandang itik korban ikut hancur karena tertimpa batang pohon yang ditebang pelaku.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Pencuri Sarang Kelulut Resahkan Warga Murung Baru Tanta Tabalong, Pelaku Tebang Pohon Pakai Chainsaw)

Berita ini sudah dilihat 140 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip