Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Akan Bangun Pos Pantau di Pulantani, Untuk Amankan Rawa Gambut HSU

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 407,334 kali

Rawa Gambut di HSU akan dibuat pos pantau untuk jaga kelestariannya (dok, kanal kalimantan)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA  – Luasnya daerah rawa gambut yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjadi potensi besar bagi warga untuk berbagai hal termasuk peningkatan ekonomi. Karenanya perlu djaga dan juga dilestarikan.

Seperti yang ada di Desa Pulantani  Kecamatan Haur Gading, di desa ini daerah rawa gambut sangat luas, saat musim kemarau akan menjadi lahan pertanian namun pada saat musim penghujan akan menjadi daerah rawa yang digunakan untuk mencari ikan.

Di lahan rawa gambut Desa Pulantani juga terdapat banyak tanaman purun yang menjadi bahan dasar untuk kerajinan. Kepala Desa Pulantani Ibnu Attaillah mengatakan lahan rawa gambut merupakan salahsatu aset dari desa yang banyak dimanfaatkan oleh warga.  Saat ini juga tengah melakukan penanaman kembali tanaman purun di daerah rawa, untuk menambah luasan purun.

Untuk menjaga agar lahan rawa gambut yang merupakan banyak tanaman purun ini terjaga maka aparat desa berniat membangun pos jaga di tengah daerah rawa. Sebelumnya beberapa tahun lalu pernah terjadi kebakaran yang membuat sebagian lahan gambut terbakar.

Uuntuk menghindari hal ini terulang kembali, maka aparat desa rencananya akan membuat pos jaga untuk menghindari adanya musibah yang terjadi di daerah rawa gambut. “Pada saat musim kemarau akan dijadikan pos menjaga dari musibah kebakaran, dan pada saat musim penghujan dijadikan pos untuk menghindari adanya penangkapan ikan ilegal,” ujarnya.

Pembangunan pos rencananya menggunakan dana desa dan merupakan usulan dengan warga.Dan saat ini dengan adanya wisata susur rawa yang ada membuat pondok pantau ini menjadi destinasi wisata tempat beristirahat para pengunjung. “Diharapkan di setiap desa saat ini bisa membangun pondok pantau yang sama dalam rangka kerjasama dalam saling membantu menjaga daerah rawa gambut.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Amankan Rawa Gambut HSU, Aparat Desa di Pulantani Rencanakan Bangun Pondok Pantau)

Berita ini sudah dilihat 89 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 1
  • Page views today : 1
  • Total visitors : 553,443
  • Total page view: 1,139,861