Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Airnya Surut dan Keruh, Namun Tak Ada Pilihan Bagi Warga HSU Tetap Andalkan Untuk Mandi-Cuci

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 404,591 kali

Airnya Surut dan Keruh, Namun Tak Pilihan Warga HSU Tetap Andalkan Untuk Mandi-Cuci

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Nama Hulu Sungai untuk beberapa daerah di Kabupaten yang ada di Kalsel, tentunya merujuk kepada kebiasaan warganya yang masih memanfaatkan sungai sebagai kebutuhan hidup sehari-hari sejak jaman dahulu.

Salah satunya, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, yang dilintasi tiga sungai besar.  Masing-masing adalah Sungai Balangan, Sungai Tabalong dan Sungai Negara. Karenanya, masih banyak warga yang menggunakan aliran sungai untuk melakukan aktivitas.

Termasuk untuk jalur transportasi air yaitu menggunakan kapal. Dan saat ini pada puncak musim kemarau,  debit air sungai yang ada di Kabupaten HSU juga mengalami penurunan.

Berkurangnya debit air ini menjadikan kapal yang melintas hanya bisa untuk kapal kecil. Sedangkan kapal yang cukup besar dan biasanya membawa barang, sulit untuk melintas jika tidak ingin karam.

Aktivitas lain yang masih dilakukan warga menggunakan aliran aliran sungai adalah untuk mandi dan mencuci. Meskipun air sungai tampak keruh, berwarna cokelat, namun masih ada saja warga yang menggunakan aliran sungai tersebut untuk aktivitas sehari-hari, yaitu mandi dan mencuci.

Seperti yang dikatakan Ahmad, warga setempat, aliran Sungai Balangan yang tidak jauh dari pusat Kota Amuntai masih digunakan banyak warga untuk mandi dan mencuci.

Salah satu aliran sungai yang masih digunakan warga adalah di dekat siring Jalan Abdul Aziz. Masih bisa terlihat,  aktivitas warga sehari-hari. “Biasanya untuk mencuci baju dan mandi, masih menggunakan air sungai. Saat surut seperti ini, memang air semakin keruh dan kadang bercampur dengan sampah,” ujar Ahmad.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Debit Surut, Warga di Amuntai Kalsel Tetap Gunakan Aliran Sungai untuk Mandi dan Cuci)

Berita ini sudah dilihat 290 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 15
  • Page views today : 16
  • Total visitors : 553,346
  • Total page view: 1,139,747