Connect with us
Update Now

Hulu Sungai Utara

Air Sungai Naik, Warga Amuntai Kalsel Siap Pelihara Ikan di Keramba Lagi

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 252,689 kali

Warga HSU selain bikin kolam, juga memelihara ikan di keramba yang ditaruh di sungai kalau airnya dalam (dok, antaranews.com)

BêBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA –  Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan, dialiri oleh tiga sungai besar, yaitu sungai balangan, Sungai Tabalong dan Sungai Negara. Tak heran jika banyak terdapat sungai baik ditengah kota maupun hingga ke desa.

Banyaknya aliran sungai ini dimanfaatkan oleh warga untuk berbagai macam aktivitas, termasuk untuk memelihara ikan. Warga biasanya memelihara ikan yang menggunakan air aliran sungai pada saat musim penghujan.

Seperti saat ini yang telah memasuki penghujan, warga mulai melakukan persiapan untuk memellihara ikan. Berbeda dengan memelihara ikan di kolam tambak seperti biasa, memelihara ikan di sungai memang lebih hemat karena tidak perlu memiliki lahan khusus.

Namun perlu penanganan yang berbeda, jika ikan bisa cepat besar dan tidak mati. Karena, air sungai lebih mudah terkontaminasi. jika ada pencemaran sungai.

Penuturan Udin, salah satu warga Kota Amuntai, mengatakan, untuk memelihara ikan di sungai perlu keramba khusus yang terbuat dari kayu agar lebih kuat dan tahan dari aliran sungai yang deras. “Pada saat kemarau, keramba atau kandang ikan tersebut diangkat dari dalam sungai karena tidak dipergunakan. Pada musim hujan seperti sekarang, digunakan kembali,” ujarnya.

Lamanya musim penghujan biasanya sama dengan lamanya untuk pelihara ikan. Jenis ikan nila, lebih memiliki daya tahan hidup kuat yang dipilih untuk dipelihara. “Saat memelihara ikan menggunakan aliran air sungai, juga tetap perlu diberi pakan seperti biasa. Perlu waspada jika debit air tinggi, perlu diperhatikan kekuatan kerambanya,” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Masuki Musim Hujan, Warga Amuntai Kalsel Siap Pelihara Ikan di Sungai)

Berita ini sudah dilihat 187 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip

Statistik Pengunjung

  • Users online: 1 
  • Visitors today : 26
  • Page views today : 37
  • Total visitors : 547,501
  • Total page view: 1,132,904