Connect with us
Update Now

Lintas Kalsel

Agar Santri Jadi Entrepreneur, Pesantren Miftahul Ulum Tabalong Kembangkan Budidaya Kelulut

Diterbitkan

pada

Berita ini sudah dilihat 411,693 kali

Sarang budidaya madu kelulut (dok, YABN-Bpost)

BêBASbaru.com, TABALONG – Madu kelulut relatif kalah populer dibandingkan madu dari lebah, padahal soal khasiat, madu ini juga tak kalah dengan madu lebah tersebut. Kini salah pondok pesantren (ponpes) di Mabu’un, Tabalong ini mengembangkan madu kelulut tersebut.

Tujuannya agar ponpes terus bermetamorfosis dan pesantren ini berkembang menjadi pusat pelatihan bisnis. Para santri dididik menjadi entrepreneur. Karena santri sebagai bagian dari generas imuda akan mampu menjadi agen perubahan yang strategis dalam membangun bangsa dan perekonomian Indonesia di masa mendatang.

Selain ilmu agama, pesantren juga bias menjadi tempat pembelajaran mengenai wirausaha, seperti yang diterapkan oleh pesantren Miftahul Ulum yang berlokasi di Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Benua Lawas yang berjarak ± 45 Km dari Ibu Kota KabupatenTabalong Kalimantan Selatan.

Walaupun berbasis pesantren, namun mampu hasilkan madu kelulut (dok, YABN-Bpost)

 

Ponpes tersebut juga merupakan salah satu ponpes dampingan Adaro pada Program Adaro Santri Sejahtera (PASS). Salah satu usaha yang dijalankan adalah budidaya kelulut, yang merupakan salah satu usaha potensial dapat dikembangkan di area Ponpes Miftahul Ulum selain usaha ikan dan budidaya puyuh. Budidaya kelulut tersebut sekarang dijalankan oleh santri pengabdian/santri alumni Ponpes Miftahul Ulum.

Sampa saat ini sudah terdapat sekitar 40 setub madu kalulut dan menghasilkan rata-rata 1 liter per kali panen pada musin hujan dan bias meningkat tiga kali lipatnya pada musim kemarau. Pemasarannya pun saat ini tidak ada kendala meskipun hanya dipasarkan pada masyarakat sekitar dan Majelis Ta’lim.

Di tengah pandemi ini, permintaan akan madu juga cenderung meningkat, karena manfaatnya yang sangat banyak, terutama khasiat bagi kesehatan. Seperti untuk obat batuk, obat diabetes, menambah nafsu makan, bisa juga untuk memulihkan kebugaran tubuh dan meningkatkan metabolisme dan imunitas.

Area lokasi budidaya tersebut berada dekat di lingkungan pesantren sehingga para santri yang sedang menempuh pendidikan di ponpes juga dapat belajar proses budidaya tersebut. Hal tersebut sesuai dengan tujuan utama PASS yaitu menumbuhkan jiwa entrepreneur pada santri melalui kewirausahaan berbasis pesantren.

Sumber: banjarmasinpost.co.id dan berbagai sumber (dengan judul: Pesantren Miftahul Ulum Tabalong Kembangkan Usaha Budidaya Kelulut)

Berita ini sudah dilihat 1,136 kali

Download Tabloid Bebasbaru

Berita Olahraga

SPACE IKLAN

Selebritis

DUNIA

Gaya Hidup

Arsip