Home / Politik / Aneh….Jokowi Muslim Berpengaruh, Apa Pengaruhnya?
Ustadz Abu Bakar Ba'asyir yang sudah sepuh, tapi tetap di tahan dan batal dapat grasi karena tak mau tanda tangan setia pada Pancasila (dok, duniaekspress)

Aneh….Jokowi Muslim Berpengaruh, Apa Pengaruhnya?

Politik – Ada berbagai pertanyaan kenapa Jokowi masuk sebagai salah satu tokoh muslim berpengaruh? Padahal Jokowi sempat di sebut anti ulama, terkait HTI dan FPI plus beberapa ulama yang dipenjarakan karena faktor politik, yang paling menyolok adalah pembatalan grasi untuk Ustad Abu Bakar Ba’asyir. Nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ditabalkan di jajaran tokoh-tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Tahun ini, peringkat Jokowi naik. Apa sebenarnya pengaruh Jokowi sehingga berada di jajaran teratas bersama para tokoh muslim dunia? Jokowi masuk dalam Top 50 dalam ‘The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2020’ atau 50 teratas di antara 500 muslim paling berpengaruh di dunia tahun ini. Peringkat Jokowi tahun ini ada di nomor 13, naik dibanding tahun 2019 kemarin yang berada di nomor 16. Jokowi naik tiga peringkat. Penyelenggara daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia itu yaitu Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC). RISSC merupakan lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang berkedudukan di Amman, Yordania. Sebagaimana keterangan RISSC yang diakses detikcom, Senin (7/10/2019), pengaruh Jokowi dituliskan sebagai berikut: “Pemimpin dari 271 juta warga negara dan penduduk Indonesia” Negara yang dipimpin Jokowi terdiri lebih dari 17 ribu pulau dengan penduduk yang menuturkan sekitar 700 bahasa. Jokowi dalam peringkat ini disebut bermazhab tradisional Sunni. Jokowi sempat bertengger di peringkat 12 pada tahun 2017, peringkat 16 pada 2018, dan tetap pada peringkat 16 pada 2019. Tahun ini, Jokowi berada pada peringkat 13. Jokowi disebut sebagai Presiden Indonesia yang berlatar belakang non-militer, berasal dari keluarga Jawa yang sederhana, dan politikus sukses yang ‘bersih’. Jokowi juga populer dikenal dengan budaya blusukannya. Soal propek di masa depan, RISSC menuliskan, meski pertumbuhan ekonomi tidak seperti yang diharapkan namun investasi kuat di bidang infrastruktur dan layanan sosial membuatnya tetap didukung rakyatnya. Jokowi juga dinilai mendapatkan pandangan sebagai pemimpin yang sukses berkat penyelenggaraan Asian Games 2018.
Sumber: detik.com dan berbagai sumber

Tentang Admin

Berita Lain

Beda Dengan Prabowo yang Terkesan Tak Punya Pendirian, Sandi Nilai Jokowi Butuh Oposisi: Tak Bisa Hanya Dikelilingi ‘ABS’ dan Buzzer

Politik – Di saat Prabowo Subianto terkesan sangat pragmatis, Sandiaga Uno berpendapat sebaiknya partai nonkoalisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *