Home / Lensa / 10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Luar Biasa dari Allah SWT
Akibat kemarau bertahun-tahun, Rasulullah SAW berdoa kepada Allah SWT dan ajaib, hujan pun turun seminggu penuh di Madinah, inilah salah satu mukjijat Rasulullah SAW (dok, Blogger)

10 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Luar Biasa dari Allah SWT

Post – Allah memberikan kemampuan luar biasa yang disebut mukjizat seperti kepada Nabi Musa, Sulaiman, dan Isa. Nabi Muhammad juga memiliki mukjizat. Seperti apa mukjizat Nabi Muhammad? Mukjizat adalah kemampuan luar biasa dari Allah SWT untuk para nabi dan rasul-Nya. Mukjizat dapat digunakan untuk mendukung kebenaran kenabian seorang nabi dan atau kerasulan seorang rasul. Selain itu dapat melemahkan lawan-lawan atau musuh-musuh yang meragukan kebenaran Nabi dan Rasul.

Lalu apa saja mukjizat Nabi Muhammad?

1. Alquran
Dikutip dari Situs Kemenag Jabar, mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW berupa Alquran. Alquran merupakan mukjizat terbesar yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Di dalam Alquran tertulis bahwa mukjizat berupa kitab diberikan kepada 4 nabi dan rasul. Di antaranya Nabi Musa AS, Nabi Daud AS, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW. Mukjizat yang diberikan kepada nabi dan rasul terakhir adalah mukjizat yang abadi sepanjang zaman yaitu Alquran. Sedangkan para nabi dan rasul sebelum Nabi Muhammad SAW maka mereka diberikan mukjizat hanya pada zamannya saja dan semuanya tidak berlaku pada zaman selanjutnya.

2. Membelah Bulan
Kisah mukjizat Nabi Muhammad ini terjadi saat orang-orang kafir menantang Muhammad untuk membuktikan kenabiannya dengan membelah bulan. Kemudian Muhammad menunjuk ke bulan. Lalu atas kehendak Allah, bulan terbagi menjadi dua. “Bahwa orang-orang Makkah meminta utusan Allah untuk menunjukkan kepada mereka mukjizat, dan ia menunjukkan kepada mereka pemisahan bulan.” (Sahih Al-Bukhari).

3. Air Mengalir Dari Jemari Tangannya
Mukjizat Nabi Muhammad lainnya yakni air mengalir dari jemari tangannya. Pada hari Al-Hudaibiya (perjanjian), orang-orang menjadi sangat haus. Setelah menyelesaikan wudhu, orang-orang bergegas menuju Muhammad. Orang-orang mengatakan bahwa tidak punya air untuk wudhu atau minum kecuali sepanci air kecil yang tidak cukup untuk semuanya. Kemudian Muhammad meletakkan tangannya ke dalam panci dan air mulai mengalir dari jari-jarinya seperti mata air. Akhirnya semua orang dapat minum dan wudhu.

4. Makanan Sedikit Cukup Untuk Banyak Orang
Abu Tholhah dan istrinya mendenger Nabi Muhammad lemas. Keduanya lalu mengundang Nabi Muhammad untuk makan. Nabi Muhammad datang mengajak banyak sahabat yakni sekitar 70-80 orang. Namun Abu Tholhah dan istrinya hanya memiliki sedikit makanan. Sebelum acara makan dimulai, Nabi Muhammad mendoakan makanan yang dihidangkan. Setelah itu para tamu diminta makan bergantian. Yang pertama makan adalah 10 sahabat. Lalu, 10 sahabat berikutnya, kemudian 10 sahabat berikutnya, dan seterusnya. Akhirnya semua sahabat yang datang makan sampai kenyang. Setelah itu, barulah Nabi Muhammad dan keluarga Tholhah makan hingga kenyang (Sumber: H.R. Al-Bukhari, no. 3385; Muslim, no. 2040).

5. Segelas Susu Mengenyangkan Banyak Orang
Mukjizat Nabi Muhammad lainnya yakni membuat segelas susu dapat mengeyangkan banyak orang. Abu Hurairah adalah sahabat Nabi yang sangat miskin dan sering kelaparan. Tetapi dia banyak ilmunya dan kuat hafalannya. Pada suatu hari ketika Abu Hurairah sedang duduk di jalan, Nabi melewati dan tersenyum padanya. Beliau sangat mengerti akan penderitaan Abu Hurairah. Lalu Rasulullah meminta Abu Hurairah mengikutinya. Hurairah pun mengikuti permintaan Rasulullah sampai ke rumahnya. Kemudian Rasulullah menemukan segelas susu dan bertanya pada istrinya dari mana susu tersebut. Istrinya menjawab dari Fulan. Rasulullah lalu memanggil Abu Hurairah dan memintanya untuk memanggil ahlush shuffah atau sekumpulan sahabat yang tinggal di masjid Rasulullah. Abu Hurairah segera memanggil ahlush shuffah. Mereka pun datang ke rumah Rasulullah. Rasulullah lalu meminta Hurairah untuk membagikan susu kepada mereka. Abu Hurairah memberikan gelas berisi susu itu kepada orang pertama. Orang itu meminumnnya sampai puas. Kemudian gelas tersebut dikembalikan kepada Abu Hurairah. Lalu diberikan lagi kepada orang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya hingga semua merasa puas. Gelas itu pun diterima kembali oleh Rasulullah. Hanya Rasulullah dan Abu Hurairah yang belum minum susu itu. Abu Hurairah duduk dan minum. Kemudian Rasulullah meminta susu itu. Beliau memuji Allah dan bersyukur lalu membaca, “Bismillah,” dan meminum sisa susu itu. (Sumber: H.r. Al-Bukhari, no. 6087)

6. Doa Minta Hujan
Saat Rasulullah sedang berkhutbah Jumat, ada seseorang minta didoakan agar turun hujan. Hal ini karena terjadi kekeringan. Maka Rasulullah berdoa dan langsung turun hujan deras terus-menerus. sampai hari Jumat berikutnya. Namun, seseorang memberi tahu Rasulullah kalau rumah-rumah telah rusak akibat hujan deras terus-menerus. Maka Rasulullah berdoa agar hujan dialihkan ke sekeliling kota Madinah. Awan-awan yang bergerak di atas kota Madinah pun segera pindah di pinggir kota Madinah. (Sumber: HR. Al-Bukahari, no. 3582)

7. Mengobati Sakit Mata
Saat Sebelum penaklukan Benteng Khaibar, Ali bin Abi Thalib sebagai pemegang bendera pasukan sakit mata. Rasulullah lalu memanggil Ali dan meludahi mata Ali yang sakit. Mata Ali sembuh dan terlihat tidak pernah sakit mata.

8. Ramalkan Istri
Rasulullah dapat meramalkan istrinya yang paling rajin bersedekah akan meninggal tidak lama setelahnya. Hal itu terbukti dengan meninggalnya Zainab yang dikenal rajin bersedekah tidak lama setelah kematian Rasulullah.

9. Tubuh Memancarkan Petir
Tubuh Muhammad memancarkan petir. Hal ini terjadi lantaran akan dibunuh oleh Syaibah bin ‘Utsman pada Perang Hunain.

10. Isra dan Mi’raj
Mukjizat Nabi Muhammad berikutnya yakni Isra dan Mi’raj. Isra dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Lalu Mi’raj dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha, untuk menerima perintah salat dalam waktu tidak sampai satu malam.
Sumber: detik.com dan berbagai sumber

Tentang Admin

Berita Lain

Sejarah Khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan, Pendiri Daulah Umayyah, Islam Berkembang Sangat Pesat

Lensa – Banyak yang menyebutkan, tangan Khalifah atau Sultan Muawiyah bin Abu Sufyan sangat berdarah, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *